Compare Listings

Properti Rumah Indonesia :Bergandeng Erat Raih Manfaat. Berkolaborasi  untuk Aksi.

Properti Rumah Indonesia :Bergandeng Erat Raih Manfaat. Berkolaborasi  untuk Aksi.

Properti Rumah Indonesia :Bergandeng Erat Raih Manfaat. Berkolaborasi  untuk Aksi.

Properti rumah Indonesia masih punya agenda besar. Besarnya angka kekurangan rumah layak  huni -atau yang sering disebut backlog – masih jadi masalah utama penyediaan rumah di Indonesia .  Data BPS  2014 menyebutkan , “Berdasarkan konsep kepemilikan – dalam arti jumlah rumah tangga yang belum memiliki rumah sendiri-  , kekurangan rumah mencapai 13,5 juta unit.

Ini adalah  pekerjan rumah  yang skalanya begitu  besar untuk diserahkan ke hanya satu aktor saja: sektor swasta  dengan penguasaan pasar properti Indonesianya, misalnya untuk membereskan semuanya. Pun sejujurnya juga  tak bisa berharap  pemerintah sendirian akan   menyelesaikannya dengan tuntas.

Karenanya  perlu dibangun  cara berpikir baru, sebuah   pola kerja terobosan . Guna  menemukan solusi  yang tidak saja tuntas,  namun juga  berjangka panjang. Walk the talk, creating a new path.

(Baca juga : Rumah Untuk Generasi Millennial. Alternatif  Solusi)

Dan banyak yang menyakini,  kita masih bisa menaruh harapan besar  pada bagaimana membangun kemampuan berkolaborasi.

Lingkungan usaha properti rumah yang semakin kompetitif, tak terkecuali di dunia properti Indonesia, tidak saja menuntut daya saing yang lebih baik namun juga kapasitas berkolaborasi yang makin mumpuni.  Ibarat tim sepakbola, lawan yang tangguh adalah keniscayaan. Dan untuk mengatasinya,  tak ada jalan selain membangun kerjasama tim yang solid. Percaya pada rekan di sebelah bahu anda. Andalkan kemampuannya untuk bangun kekuatan bersama  – sama.

Tidak lagi berpikir semata aku, atau  hanya tentang anda. Kolaborasi adalah tentang kita. Beralih dari pola pikir menang-kalah, kolaborasi adalah tentang menang-menang. Untuk bersama bekerja lebih cepat dan lebih efisien. Menjadi produktif.  Kebersamaan untuk meraih manfaat,  kolaborasi mendorong kita mencapai tujuan properti Indonesia bersama kita.

Bagaimana memulainya?

Kolaborasi bermula dari aset utama: rasa saling percaya. Berangkat dari pemahaman bahwa semua pelaku  – atau dalam hal ini –  aktor dalam properti, beserta karakter dan pengalamannya masing – masing – adalah berharga. Ini artinya mencari solusi pembangunan rumah yang tidak bergantung hanya  pada pihak pengembang swasta. Atau semata bertumpu pada sumberdaya pemerintah. Pelaku pembangunan yang lain, seperti koperasi juga perlu diberi akses dan kesempatan. Perlu dikembangkan untuk tidak saja membangun rumah, namun juga didorong menciptakan nilai tambah lingkungan hunian yang berkualitas, dari sisi fisik, sosial dan bahkan ekonomi.  Demikian halnya dengan masyarakat madani yang masih  besar potensi nya untuk bisa digerakkan.

(Baca juga Artkel yang lain : Rumah Dijual di Bekasi, Begitu Tebaran Spanduk:Bekasi yang Berprospek)

Metode teknologi punya peran yang tidak kecil. Teknologi bisa mengatasi dua dimensi dari kolaborasi , yakni  (i) Membangun konsensus berbagai alternatif  metode kerja, dan (ii) Merumuskan solusi dari kelompok kolektif dengan cara paling baik yang mewakili preferensi dari semua partisipan.

Apa yang RumahDimana.com lakukan

Kami di RumahDimana.com menyakini bahwa portal   web bisa banyak berperan mendukung proses ini.  RumahDimana.com  bukan saja media untuk berkomunikasi antar pelaku pembangun properti Indonesia, namun juga platform bagi partisipasi aktif dan kolaborasi yang lebih bermakna. Kami terus berupaya menekan hambatan, mengatasi  kendala ,  bagi para  pelaku properti untuk bisa berkolaborasi.

Mari bergabung , berbagi peluang dan berkolaborasi,  dengan banyak pelaku pembangunan properti lainnya –  di RumahDimana.com. Daftar dengan email anda.

img

Admin

Related posts

Bisnis Properti: Investasi Tanah atau Rumah, Mana Paling Menguntungkan?

Bisnis Properti: Investasi Tanah atau Rumah, Mana Paling Menguntungkan? Sudah sejak lama properti...

Continue reading

Perumahan yang menjawab kebutuhan ruang dan hidup kaum millennials

Perumahan yang menjawab kebutuhan ruang dan hidup kaum millennials The reason why millennials are...

Continue reading

Memaknai Ruang Kota

Memaknai Ruang Kota Kota sejatinya merupakan produk sosiokultural, perilaku dan gaya hidup manusia...

Continue reading

Hai. Kami juga ingin mendengar tanggapan atau komentar Anda

%d blogger menyukai ini: