Compare Listings

Rembukan di Seedstars Asia Summit : Bangkok, 28-30 November 2018

Rembukan di Seedstars Asia Summit : Bangkok,  28-30 November 2018

Rembukan di Seedstars Asia Summit : Bangkok, 28-30 November 2018

RumahDimana.com mendapatkan kehormatan, diundang menghadiri  workshop Seedstars Asia Regional Summit di Bangkok, pada 28- 30 November 2018. Kamipun hadir di sana. Seedstar Asia Regional Summit ini merupakan puncak dari rangkaian touring mereka di  14 ekosistem negara-negara  di Asia. Perjalanan kegiatan yang telah melibatkan lebih dari 500 startups di Asia, termasuk di Jakarta pada September 2018. Asia Regional summit ini jadi sebuah ‘melting pot’ yang  dihadiri oleh investor internasional , mentor, accelerator, incubator  juga pemangku kepentingan regional terkait kewirausahaan dan solusi teknologi di emerging market di Asia

Seedstars World – yang menaungi Seedstars Asia –  sendiri adalah sebuah kompetisi startup berbasis di Switzerland, ajang kompetisi startup yang diselenggarakan di lebih dari 60 negara.

Bermitra dengan innovation hub  “True Digital Park” di Thailand,  Seedstars   menjanjikan Asian Regional  Summit sebagai  menjadi sebuah atmosfer pembicaraan yang bermakna serta pertemuan kreatif – bisnis yang bisa menginspirasi. Sebuah ajang berbagi pengetahuan, peluang  networking, serta jamuan ide – ide segar.  Di dalam event ini kami berkesempatan mengeksplorasi lebih jauh komunitas seedstars , serta membangun link baru serta network dengan pelaku utama industri kreatif dan startup di regional asia.

Dengan workshop model think-tank, ada lima  topik yang digali, diantaranya  Collaboration between Corporation  and Startup , Ecosystem Building , Fintech,  Smart Cities, dan Investment landscape and Disrupting Financial Inclusion. RumahDimana.com diundang untuk topik “Smart Cities”. Topik yang amat menarik. Bagaimana disrupsi  tren teknologi serta partisipasi –kolaborasi warga kota berpotensi besar memberikan solusi dari kompleksitas masalah kekinian perkotaan di Asia.

(Baca juga : Di Alam Ketidakpastian. Menapaki Perubahan)

Bagaimana Big Data mendalami  fenomena  dinamis antar jemput taksi di New York misalnya, memberikan gambaran tentang konsentrasi dan sebaran aktivitas taksi, kesediaan pengguna menunggu, dan tarif yang bersedia mereka bayar.  Sebuah temuan yang ternyata mirip gejalanya dengan kota – kota utama lain di dunia. Olahan data nya kemudian menjadi dasar  pengembangan sharing transportation system yang efisien  seperti Uber dan sebagainya. Dibahas juga  pentingnya merubah secara dramatis pendekatan penanganan penyakit seperti diabetes, yang  makin meluas, agar model intervensi nya bisa berdampak skala kota , terukur dan akurat serta pengumpulan datanya bisa mengatasi isu privasi berkait dengan sampel data dari responden / warga kotanya.

Dipandu oleh akademisi  berkompeten dari Department of Urban Studies + Planning,  MIT, Massachusetts :   Anthony Vanky PhD, (@avanky) , diskusi berjalan sangat  hidup dan eksplorasi berjalan amat menarik. Mendalam dan sangat berkesan. “All ideas are invited, and there is no such thing as un-finished opinion.”

Di workshop didorong menggunakan metode berpikir kreatif, memunculkan konsep ‘out of the box’, dalam jumlah banyak. Ice breaking, permainan peran, puzzle of fact, berbagai macam teknik digunakan untuk menemukan solusi inovatif, terutama bagi kompleksnya permasalahan kota. Dari sini tentu saja banyak hal baru dicetuskan, ide segar dan pemahaman baru saling dipertukarkan, hasil  dari interaksi pikiran lintas budaya yang intens. Peluang  kolaborasi pun ikut terbangun dari pribadi –pribadi dengan perspektif, konteks, dan latar organisasi  yang berbeda, dari  banyak negara.

 

 

Logic will take you from A to B. Imagination will take you anywhere.”

– Guy Laliberté, Founder, Cirque du Soleil

Banyak pelajaran yang bisa dipetik. Kolaborasi bisa optimal  memberi manfaat bagi semua, pada saat stakeholder dan pemerintah hadir juga untuk menegaskan komitmennya menggulirkan  tindakan riil.  Membuka keran sumberdaya. Bagaimana sinergi yang produktif ini bisa menguatkan orientasi ke luar, saling bertukar pengalaman berharga,  menjangkau potensi di masyarakat yang kian nir-batas (borderless). Sebuah daya ungkit yang penting bagi terdorongnya realisasi peluang – peluang baru demi perbaikan kualitas hidup di kota – kota kita .

img

Admin

Related posts

Cara Mudah, Beli dan Jual Rumah Murah di Rumahdimana.com

Cara Mudah, Beli dan Jual Rumah Murah di Rumahdimana.com Laju perkembangan bisnis properti saat...

Continue reading
Admin
by Admin

Perumahan Rakyat : Menghidupkan Kembali Mimpi Lama

Perumahan Rakyat :  Menghidupkan Kembali Mimpi Lama Bayangkan 3 miliar orang yang hidup hanya...

Continue reading
Admin
by Admin

Cari Kontrakan Jogja Murah Hanya di Rumahdimana.com

Cari Kontrakan Jogja Murah Hanya di Rumahdimana.com Kota Jogja selalu memiliki pesonanya sendiri,...

Continue reading
Admin
by Admin

Hai. Kami juga ingin mendengar tanggapan atau komentar Anda

%d blogger menyukai ini: