Compare Listings

Hunian di Tengah Kota, Rumah KPR Janjikan Alternatif Terbaik

Hunian di Tengah Kota, Rumah KPR Janjikan Alternatif Terbaik

Hunian di Tengah Kota, Rumah KPR Janjikan Alternatif Terbaik

Selain sebagai kebutuhan primer, rumah juga banyak dimanfaatkan orang sebagai instrumen investasi lantaran nilainya dari waktu ke waktu semakin meningkat. Robert T. Kiyosaki menyebut bahwa rumah atau realestat adalah tempat paling aman untuk meletakkan uang. Alasan lain, investasi properti menjadi menarik karena pergerakannya lambat dan tidak berubah drastis, seperti halnya bursa saham atau pasar forex, yang tidak semua orang bisa tepat memprediksinya.  

Seperti yang kita tahu, untuk bisa memiliki hunian yang layak dan nyaman, dibutuhkan dana yang besar. Belum lagi jika Anda sekeluarga ingin tinggal di tengah kota, tentu saja anggaran yang disiapkan semakin besar. Sementara keinginan untuk memiliki rumah bisa jadi sudah terpendam demikian lama, atau bisa jadi ia muncul tetiba, spontan. Out of nowehere.

(Baca juga : Delivering Livelihood Opportunities For People In Low Income Settlement Area)

Kita tidak harus menyiapkan dana cash keras untuk dapat memiliki rumah. Ada berbagai program cicilan rumah yang dapat dipilih sesuai kemampuan finansial. Membeli rumah menggunakan sistem KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) misalnya. KPR dalam hal ini merupakan  layanan pinjaman dari bank bagi nasabah untuk membeli rumah dengan cara kredit. Termasuk pilihan KPR syariah. Jika dikelola secara hati – hati, KPR bisa memberikan solusi dan kemudahan dalam memiliki hunian yang diinginkan.

Dengan menggunakan skema  KPR, artinya aset rumah yang dibeli itu menjadi jaminan pinjaman. Jika pinjaman tak bisa dilunasi,  konsekuensinya rumah itu akan disita bank. Oleh karenanya penting untuk memahami  kemampuan finansial saat ini dan selanjutnya untuk mengangsur cicilan rumah. Pada umumnya bank menerapkan jumlah maksimal angsuran rumah adalah 30% dari penghasilan bulanan.

Berikut beberapa kelebihan jika Anda menggunakan alternatif rumah KPR.

  1. Siap Huni Setelah Bayar DP

Rumah KPR bisa langsung ditinggali setelah uang muka (Down Payment) tanpa harus menunggu lunas. Besaran DP ini biasanya ada di kisaran 10-30 persen dari harga rumah, tergantung pada tipe rumah ataupun ketentuan lain dari pihak penyedia.  Tentunya tidak semua permohonan KPR bisa diterima. Bank akan menilai apakah nasabah berpotensi gagal melunasi cicilan atau tidak. Agar permohonan KPR diterima, penting untuk memperhatikan hal berikut ini: bank akan memeriksa riwayat kredit nasabah. Jika nasabah didapati masih punya utang kartu kredit, permohonan KPR kemungkinan besar ditolak.

  1. Pilihan Rumah Baru

Ada banyak pilihan rumah KPR unit baru yang bisa dimiliki tak lama usai akad kredit diselesaikan. Sertifikat tanah maupun rumah bisa diproses balik nama atas nama Anda namun akan disimpan oleh penyedia karena digunakan sebagai agunan hingga kreditnya lunas (borg).

  1. Kepemilikan Legal

Dalam proses pemilikan rumah KPR, pertama Anda menjalani proses pembuatan Akta Jual Beli (AJB) antara pihak pemilik rumah (penyedia ataupun pengembang) dengan pihak pembeli (debitur) di hadapan notaris rekanan pihak bank. Enaknya, kita tidak perlu khawatir terkait legalitas (sertifikat sah) rumah, karena hal ini sudah dijamin. Yang perlu dicermati terkait legalitas, antara penjual dengan dokumen sertipikat tanah yang tercantum mungkin berbeda. Ini yang perlu segera dicarikan titik temu dan solusinya, agar tidak menjadi konflik berkepanjangan di kemudian hari.

  1. Lahan Investasi

Pastinya Anda sudah tak merasa janggal dengan harga rumah yang selalu naik setiap tahunnya. Bahkan ada pula harga rumah yang langsung mengalami kenaikan hanya berselang 3-4 bulan saja. Umumnya terjadi pada rumah yang memiliki lokasi strategis sehingga banyak dilirik orang. Real estat sebagai lahan investasi semakin relevan di tengah menguatnya kelompok kelas menengah di Indonesia, dus menjadi penopang penting pertumbuhan ekonomi. Peningkatan pendapatan per kapita yang semula US$1500 di tahun 1999 dan meningkat menjadi US$4000 di tahun 2014 sebagian besar disumbangkan oleh kelas menengah.

Inilah alasannya banyak orang berlomba-lomba mengajukan pemilikan rumah KPR segera setelah dana untuk DP dirasa cukup dan sanggup membayar angsuran. Dengan harga yang cenderung naik, investasi properti ini dinilai sangat menjanjikan.

  1. Bisa untuk Agunan

Rumah KPR bisa dijadikan sarana untuk aset cetak untuk keperluan agunan kredit ketika Anda memerlukan modal untuk usaha. Walaupun Anda masih belum melunasinya, ketika bank menilai Anda memiliki riwayat baik, maka mereka tidak akan segan untuk menawarkan kredit lainnya, termasuk untuk kebutuhan usaha dan hal-hal lain.

(Baca juga: Cari Kontrakan Jogja Murah Hanya di Rumahdimana.com)

Itulah 5 alasan mendasar mengapa rumah KPR banyak dipilih orang sebagai solusi hunian yang nyaman di tengah kota. Banyaknya program KPR dari bank dan penyelenggara lain, semakin memudahkan Anda dalam memilih KPR sesuai kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Di sisi lain, kurangnya pemahaman calon nasabah tentang proses dan persyaratan yang dibutuhkan untuk membeli rumah secara KPR menjadi kendala tersendiri. Yang juga perlu diperhatikan bahwa yang diberikan banker atau lender merupakan dana pinjaman, yang harus dikembalikan pokok dan bunganya. Dalam hal ini dengan cara mencicil dalam durasi tertentu. Unfortunately, no free lunch.

Realisasikan Rumah Idaman Anda Dengan Rumahdimana.com

Sedang mencari rumah KPR? Realisasikan mimpi Anda melalui market place rumahdimana.com. Rumahdimana.com adalah salah satu marketplace properti yang akan memudahkan Anda dalam mencari hunian.

Semua data tersedia diwebsite kami dan Anda tinggal memilih rumah yang sesuai kebutuhan dimulai harga, lokasi, sampai dengan nilai estatik dari rumah itu sendiri. Yuk, penuhi kebutuhan rumah Anda melalui situs jual beli properti rumahdimana.com.

img

Admin

Related posts

Bisnis Properti: Investasi Tanah atau Rumah, Mana Paling Menguntungkan?

Bisnis Properti: Investasi Tanah atau Rumah, Mana Paling Menguntungkan? Sudah sejak lama properti...

Continue reading

Agar Rumah Kita Nyaman Ditinggali, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Agar Rumah Kita Nyaman Ditinggali, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini “Home isn’t a a place. It’s...

Continue reading

Mudahnya Cari Kontrakan Rumah di Marketplace Rumahdimana.com

Mudahnya Cari Kontrakan Rumah di Marketplace Rumahdimana.com Harga jual properti rumah yang masih...

Continue reading

Hai. Kami juga ingin mendengar tanggapan atau komentar Anda

%d blogger menyukai ini: