Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

7 Langkah Mendesain Kamar Minimalis yang Nyaman dan Bikin Betah

7 Langkah Mendesain Kamar Minimalis yang Nyaman dan Bikin Betah

Hidup yang berkualitas sangat ditentukan oleh istirahat yang berkualitas. Oleh sebab itu, kamar untuk beristirahat setelah aktivitas seharian harus didesain senyaman mungkin. Desain kamar minimalis bisa jadi pilihan di rumah Anda. Simak langkah-langkah dan tips mendesain kamar tidur berikut ini.

1. Rapikan Kamar Tidur

Sebelum mulai mendesain ulang, rapikan dulu kamar Anda. Mulailah dengan memisahkan barang-barang menjadi beberapa kategori seperti masih digunakan, untuk dibuang, atau untuk dipindahkan. Ambil beberapa kardus untuk memisahkan barang sesuai kategori sehingga mudah untuk mengambil mana yang masih diperlukan.

2. Kurangi Barang di Kamar Tidur

Semakin sedikit barang yang ada di kamar, Anda akan semakin tenang berada di dalamnya. Terutama menjelang waktu tidur. Keluarkan barang yang selain dalam kategori masih atau sering digunakan. Untuk barang yang jarang digunakan atau sudah tidak digunakan lebih baik dipindahkan ke ruangan lain.

(Simak artikel lainnya : Cara Jual Rumah Cepat; Persiapan dan Tipsnya  )

3. Prioritaskan pada Tempat Tidur

Tempat tidur adalah elemen utama di kamar. Maka, sebelum mulai menambahkan dekorasi, perhatikan dulu tempat tidur Anda. Apakah Anda ingin memenuhi ruangan dengan tempat tidur atau hanya di satu sisi saja. Untuk kamar minimalis, lebih baik pilih tempat tidur tanpa bingkai atau kasur lantai supaya ruangan terkesan luas. Tempat tidur dengan dekorasi sederhana juga terasa lebih nyaman untuk istirahat.

4. Memilih Warna Cat Dinding

Dalam desain minimalis, warna yang digunakan cenderung warna netral dan dingin seperti krem, abu-abu, dan putih. Hindari mewarnai dinding dengan warna bertabrakan dan terlalu banyak pola agar suasana di kamar terasa damai.

5. Lengkapi Kamar Minimalis dengan Furnitur Sederhana

Elemen penting lain dari kamar tidur adalah furnitur. Pilih furnitur sederhana tanpa dekorasi yang rumit. Misalnya, lemari pakaian dengan desain sederhana dan ukuran yang tidak terlalu besar. Tambahkan juga cermin berukuran besar untuk membuat kamar terkesan besar dan luas. Namun, pastikan penempatannya sesuai dengan posisi dan ukuran kamar.

(Simak artikel lainnya : Inspirasi Jenis-Jenis Design Interior Masa Kini untuk Hunian Anda   )

6. Mengatur Pencahayaan

Penataan ruangan dan perabotan yang bagus tidak akan terlihat menarik jika pencahayaan tidak diperhatikan. Di samping itu, pencahayaan juga mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan penghuni kamar. Untuk kamar yang tidak memiliki jendela ataupun bukaan atap, atur agar kamar tetap terang saat Anda beraktivitas di dalamnya. Sementara di waktu tidur, bisa menggunakan lampu tidur dengan warna kuning redup. Tidak ada salahnya juga menambahkan lampu hias di kamar supaya tampak lebih menarik.

7. Optimalkan Ruang Kosong di Kamar Minimalis

Jika masih ada ruang kosong setelah Anda selesai menata kamar, cobalah optimalkan agar bagian tersebut berfungsi. Untuk Anda yang hobi membaca, misalnya, bisa meletakkan rak buku kecil atau sofa yang nyaman untuk membaca di sana.

Itulah langkah-langkah mendesain kamar minimalis yang perlu Anda coba. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan penataan perabot dan dekorasi sampai Anda merasa puas.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?