Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

5 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Cantik dan Mudah Didapat

hiasan dinding

5 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Cantik dan Mudah Didapat

Ruang tamu adalah bagian rumah yang perlu diberi lebih banyak perhatian karena merupakan ruangan yang paling sering dikunjungi. Keadaan ruang tamu akan memberikan gambaran tentang rumah keseluruhan dan kepribadian pemiliknya. Agar ruang tamu tampak menarik, Anda bisa menempatkan hiasan dinding di beberapa sisinya. Hiasan tersebut akan membuat dinding ruang tamu tidak terlihat terlalu polos dan membosankan. Berikut ide hiasan dinding ruang tamu yang cocok untuk hunian Anda.

1. Lukisan

Lukisan cocok ditempatkan sebagai penghias dinding ruang tamu. Pilihlah genre lukisan dan warna yang sesuai dengan desain interior ruangan Anda. Untuk rumah dengan interior minimalis modern, lukisan kontemporer dengan bingkai sederhana sudah cukup menarik. Hindari memilih bingkai dengan banyak corak dan berwarna mencolok agar tidak mengurangi sisi estetik lukisan.

Jika dinding kosong yang Anda miliki berukuran cukup luas, bisa juga dibuatkan galeri seni dinding. Misalnya dengan memasang 10 buah lukisan seni dengan bingkai apik. Dengan formasi grid dan jarak yang sama antara satu bingkai dengan bingkai lainnya.

Alternatif lain yang juga bisa dipertimbangkan bagi dekorasi ruang tamu ialah menggantung dua atau tiga buah bingkai seni berukuran besar. Selain itu, memasang tiga bingkai berjejer dari karya seni (gambar)  yang bersambungan juga bisa jadi ide yang cantik.

(Simak artikel lainnya : Cara Jual Rumah Cepat; Persiapan dan Tipsnya   )

2. Foto

Foto bersama keluarga dan rekan-rekan di momen-momen penting seperti pernikahan, wisuda, dan liburan banyak dipilih sebagai hiasan dinding. Pilihlah foto-foto yang ingin Anda jadikan dekorasi ruangan, kemudian susun di dinding. Anda dapat membingkai untuk setiap foto dan mengatur formasinya. Bisa juga dengan membuat kolase foto lalu dijadikan satu bingkai. Dengan sentuhan kreativitas, susunan foto biasa pun akan terlihat luar biasa.

3.  Tipografi

Tipografi adalah rangkaian huruf atau kata-kata yang dibuat dengan gaya tertentu sehingga memiliki sisi keindahan. Jenis tulisannya dapat berupa kaligrafi, ambigram, kufi, ataupun hand lettering/tulisan tangan. Biasanya kata-kata yang digunakan berupa kalimat motivasi, kutipan dari kitab suci, hingga kata-kata hikmah dari orang-orang ternama.

Anda dapat membeli hiasan berupa tipografi yang sudah jadi ataupun memesan secara kustom. Hiasan dinding ini juga dapat Anda buat sendiri karena di internet sangat banyak alat untuk menghasilkan tipografi secara instan. Selanjutnya, tinggal mencetak dan memasangkannya di dinding.

(Simak artikel lainnya : Inspirasi Jenis-Jenis Design Interior Masa Kini untuk Hunian Anda )

4. Rak Kayu

Transformasi ruamg tamu memang bisa dilakukan dengan menempatkan lemari buku yang built-in, namun tentu saja memakan biaya tidak sedikit. Sebagai alternatifnya Rak kayu mini dapat menjadi pilihan hiasan dinding yang multifungsi dan memberikan kesan tampilan yang sama. Selain menjadi hiasan, rak kayu juga dapat digunakan untuk meletakkan berbagai koleksi keramik, buku, piala, dan action figure. Sesuaikan ukuran rak dengan ruangan agar dinding tidak terlihat penuh. Pastikan juga isi rak tidak terlalu banyak agar terlihat sisi estetik setiap bagiannya.

5. Piring Hias

Untuk rumah bergaya vintage atau klasik, piring hias adalah salah satu pilihan hiasan yang tepat. Piring hias dapat memberikan kesan tempo dulu pada ruangan. Anda bisa menempatkan piring hias di salah satu sisi dinding bersama dengan hiasan bernuansa klasik lainnya seperti cermin dengan bingkai ukiran dan foto zaman dulu.

Setelah memilih macam-macam hiasan dinding yang ingin Anda pasang di ruang tamu, tentukan bagaimana posisi pemasangannya. Pastikan tidak bertabrakan dengan ornamen yang sudah ada dan tidak berkumpul di satu sisi dinding saja agar pandangan tetap nyaman.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?