Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

5 Tips Mendesain Ruangan Keluarga Sederhana yang Cantik dan Nyaman

ruangan keluarga sederhana

5 Tips Mendesain Ruangan Keluarga Sederhana yang Cantik dan Nyaman

Desain ruangan keluarga sederhana cukup disukai terutama oleh pemilik rumah berkonsep minimalis dan modern. Karena mampu menghemat tempat dan lebih nyaman untuk beraktivitas, banyak yang ingin menyulap ruang keluarga di rumah menjadi lebih sederhana. Berikut tips praktis yang dapat diikuti untuk mendesain ruangan keluarga yang simpel tetapi nyaman dan menarik.

1. Pilih Warna-Warna Minimalis

Untuk mewujudkan ruangan yang sederhana, pilihlah warna-warna terang yang netral seperti abu-abu muda, coklat muda, putih, dan putih gading. Warna-warna tersebut tidak harus untuk dinding dan lantai melainkan juga perabotan seperti sofa, rak TV, atau meja.

Jika memilih warna dinding netral, berikan hiasan berupa cermin atau lukisan dengan bingkai berwarna netral pada salah satu sisi ruangan. Supaya dapat menambahkan tekstur, pasang karpet kecil di bawah meja dengan warna gelap.

(Baca juga : Beli Rumah atau Bangun Rumah Sendiri? Ini yang Harus Anda Pertimbangkan)

2. Mengurangi Penggunaan Pola-Pola

ruangan keluarga sederhana
credit:craiyon.com

Kurangi menggunakan pola-pola pada dinding dan lantai untuk menonjolkan kesan modern dan minimalis. Sebaiknya biarkan dinding dan lantai terlihat polos untuk memberikan kesan lebih luas dan lapang. Jika ingin mengaplikasikan pola pada ruangan, tempatkan pada elemen dekorasi seperti bantal sofa atau karpet.

Cermin juga bisa  membuat ruangan menjadi cantik, terutama membuat ruang keluarga berukuran kecil jadi terasa lebih lapang.

Warna putih ataupun warna  – warne netral merupakan pilihan terbaik untuk memaksimalkan ruang keluarga ukuran kecil. Jika Anda bisa  mengkombinasikan  dinding putih dengan perabot berwarna ‘beige’ atau warna netral lainnya, makan ruangan yang semula sempit bisa seketika berkesan lebih lebar.

 

 

3. Gunakan Perabot yang Benar-Benar Diperlukan

ruangan keluarga sederhana
credit:craiyon.com

Untuk ruangan keluarga sederhana, pilihlah perabot yang benar-benar digunakan seperti sofa, meja kopi, dan rak dinding. Pilih perabot dengan desain minimalis yang tidak terlalu banyak memiliki detail supaya tidak merusak komposisi ruangan.

Meja kopi kaca misalnya, bisa membuat ruang keluara Anda makin menawan. Ini tidak saja membuat  ruang terkesan lapang, namun juga membuat lantai Anda lebih terekspos.

Selain itu, Anda dapat memilih perabotan multifungsi, misalnya sofa yang bagian bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan barang. Bisa juga memilih sofa berbentuk L karena ukurannya besar dan bisa jadi tempat berkumpul seisi keluarga. Dengan pilihan perabot yang tepat, ruangan tidak terasa penuh dengan banyaknya perabotan.  Ruang   vertikal berupa rak yang terpasang di dinding juga  bisa banyak bermanfaat. Alternatifnya, Anda bisa juga menggunakan lemari buku untuk menempatkan koleksi pustaka Anda,  barang – barang dekoratif dan juga barang personal koleksi Anda.

4. Gunakan Dekorasi-Dekorasi Personal

Dekorasi akan membuat ruangan lebih meriah. Namun, kesan sederhana akan rusak jika Anda menggunakan dekorasi berlebihan. Maka, lebih baik menggunakan dekorasi bersifat personal seperti kolase foto keluarga, koleksi barang kesayangan, atau hasil kerajinan tangan pribadi. Hiasi foto atau ornamen hiasan menggunakan bingkai berwarna senada dengan dinding dan furnitur supaya terlihat harmonis.

(Baca juga : Kriteria Jasa Renovasi Rumah yang Ideal Untuk Pengerjaan Proyek Anda )

5. Maksimalkan Pencahayaan

Pencahayaan merupakan pendukung dalam desain ruangan sederhana. Ketika memilih lampu, hindari lampu dengan bentuk yang rumit seperti lampu gantung kristal atau candlelier. Pilih lampu yang sederhana tetapi memiliki penerangan maksimal. Tambahkan jendela atau bukaan pada atap untuk memberikan akses masuk cahaya alami dari luar. Selain menghemat penggunaan listrik, cara ini juga dapat menjadikan ruangan lebih hangat dan tidak lembap. Ruangan keluarga menjadi cerah dan ‘mengundang’.

Ternyata mendesain ruangan keluarga sederhana tidak terlalu sulit, bukan? Penataan ruangan seperti ini justru mudah dilakukan serta mampu menghemat bujet pembelian furnitur dan ornamen hiasan di rumah.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?