Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Smart Home: Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ini untuk Hunian Anda

smart home

Smart Home; Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ini untuk Hunian Anda

smart home
credit: craiyon.com

Rumah dengan sistem smart home saat ini banyak digandrungi di kota-kota besar karena menjanjikan level gaya hidup yang lebih tinggi. Hal ini tak dapat dimungkiri karena semakin tingginya perkembangan teknologi yang meningkatkan kepraktisan dalam segala lini kehidupan.

Smart home pada dasarnya merupakan rumah berbasis teknologi. Di dalamnya, teknologi diterapkan untuk mengendalikan rumah dari jauh secara otomatis di mana pun pemiliknya berada. Pengaturan tersebut dilakukan dengan bantuan koneksi internet dan smartphone, laptop, tablet, atau konsol game yang difungsikan sebagai remote control.

Sistem ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan sehingga mereka dapat mempelajari jadwal penghuni rumah dan menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan. Pengguna pun dapat membuat jadwal agar sistem dapat lebih cepat merespons perubahan yang diterapkan.

Dengan adanya teknologi ini, pemilik rumah juga dapat mengatur suhu ruangan, pencahayaan, sistem hiburan, hingga akses keamanan rumah melalui ujung jari saja. Fitur pada smart home pun bervariasi tergantung pada penyedianya.

(Baca juga: Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut)

Kelebihan dan Kekurangan pada Sistem Smart Home

Kelebihan utama yang dimiliki oleh smart home yaitu memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi pemilik rumah. Dengan kemampuan mengontrol lampu, AC, hingga kunci pagar otomatis dalam satu alat, pemilik rumah tak harus selalu membawa remote control setiap perangkat.

Adanya notifikasi ponsel ketika terjadi masalah di dalam rumah juga sangat memudahkan pemilik. Misalnya ketika kedatangan tamu, pemilik dapat melihat siapa yang datang dan berkomunikasi dengan mereka melalui fitur bel smart door meskipun sedang tidak ada di rumah.

(Baca juga : 6 Tips Penataan Ruangan Keluarga Minimalis yang Unik Sekaligus Nyaman)

smart home
credit:craiyon.com

Ponsel juga akan memberikan notifikasi ketika terdeteksi ancaman kebakaran jika Anda mengaktifkan fitur deteksi asap. Selain itu, penggunaan sistem smart home juga memungkinkan pemilik rumah lebih hemat karena pemakaian perangkat elektronik di rumah dapat dikendalikan sesuai kebutuhan.

Meskipun secara umum smart home menawarkan kemudahan, kepraktisan, dan kenyamanan dalam gaya hidup modern, sistem ini tak luput dari kekurangan. Sistem ini tak lepas dari koneksi internet membuatnya berisiko diretas. Peretas kemungkinan dapat mengakses peralatan di dalam rumah yang dikoneksikan ke internet.

Meski demikian, ada langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko seperti memasang sandi yang kuat, menggunakan enkripsi yang disediakan, dan hanya menghubungkan peralatan di rumah dengan perangkat yang terpercaya.

Kekurangan lainnya, biaya instalasi cukup mahal. Diperkirakan untuk sistem nirkabel menelan biaya hingga puluhan juta dan yang menggunakan kabel mencapai belasan juta.

Selain itu, jaringan listrik di sejumlah daerah di Indonesia sering tidak stabil sehingga berpotensi merusak sistem keamanan rumah dan keamanan penghuninya misalnya ruangan terkunci ketika penghuni sedang tidur atau bepergian.

Nah, setelah mengenal apa itu sistem smart home dan kelebihan serta kekurangannya, Anda dapat menentukan apakah sudah saatnya memasang system ini di rumah atau belum.

(Baca juga : Ini Dia! Desain Rumah Modern Dengan Budget Minimalis )

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?