Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

4 Alasan Memilih Kamar Tidur Minimalis

Kamar Tidur Minimalis

4 Alasan Memilih Kamar Tidur Minimalis

Konsep minimalis masih menjadi desain kamar yang populer untuk saat ini. Hal ini dikarenakan adanya beberapa alasan yang terkait dengan kenyamanan dan estetika dari kamar tidur itu sendiri. Termasuk masalah pembangunan kamar  tidur minimalis yang tidak membutuhkan anggaran yang besar.

Banyak keunggulan yang dimiliki ruang tidur minimalis yang pastinya membuat jenis kamar ini layak Anda pilih. Nah, inilah beberapa alasan mengapa desain minimalis cocok untuk kamar tidur Anda.

1. Kamar Mudah Dibersihkan

Yang namanya kamar tidur minimalis pasti ukurannya tidak terlalu luas dan jumlah fitur serta perabotan di dalamnya tidak terlalu banyak. Maka dari itu, kamar dengan desain semacam ini akan lebih mudah dibersihkan dan pembersihannya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Narasi di atas yang menjadi alasan kamar tidur minimalis tergolong kamar yang bersih. Bahkan termasuk kamar yang indah selama pemilihan desainnya tepat. Makanya, orang lebih suka mendesain kamar tidur dengan model minimalis daripada yang mewah.

(Baca juga : Model Rumah Minimalis yang Bisa Jadi Pilihan : di Lahan Sempit Tetap Geulis )

2. Perubahan Setting Desain Kamar Lebih Simpel

Ruangan rumah minimalis dimulai dari mengevaluasi barang – barang milik kita. Karena desain rumah minimalis artinya hanya menyisakan barang – barang yang paling esensial. Jika Anda sedang menyiapkan renovasi minimalis, mulailah singkirkan item item tambahan dan  segala yang ekstra  di kamar dan rumah Anda .

Kamar dengan konsep minimalis identik dengan penggunaan sedikit perabotan. Sebab, kamar semacam ini lebih memprioritaskan efisiensi ruang dan fungsi dari perabotan itu sendiri daripada sekadar penumpukan perabot. Sebagai konsekuensi, dipilih finishing yang lebih berkualitas dengan berbagai bentuk dan tekstur.

Posisi dipan tempat tidur bisa sedikit dinaikan, untuk memanfaatkan ruang dibawahnya. Misalnya dinaikkan satu cm, kemudian digunakan sebagai tempat peyimpanan bawah tempat tidur.

Gaya yang sesuai dengan konsep seperti ini ialah gaya Skandinavia atau gaya Jepang, yang menyeimbangkan antara minimalis dan kenyamanan. Untuk gaya Skandinavia bisa menggunakan material kayu dengan palet dasar putih atau abu – abu terang.Ruang – ruang minimalis dengan dekor yang terinspirasi alam.

Sementara gaya Jepang misalnya bisa menggunakan warna pastel yang natural, dengan pengaturan duduk yang minimal, bahkan bisa ‘lesehan’ di lantai. Bisa juga menggunakan bentuk – bentuk geometris dengan dekorasi minimal yang terinspirasi dari alam.

Nah, karena tidak terlalu banyak perabotan, tentunya pengguna bisa leluasa melakukan pengaturan atau desain tata letak dalam kamar. Bahkan, Anda bisa langsung mengubahnya jika tidak sesuai dengan desain kamar tidur yang lama tanpa harus bersusah payah. Jadi, Anda bisa mengubah desain kamar tidur berulang-ulang sesuai keinginan.

3. Lebih Hemat Anggaran

Biaya pembangunan kamar tidur ukuran minimalis tentunya lebih murah daripada biaya pembangunan kamar jenis yang lain. Hal ini dikarenakan oleh pembelian material yang tidak terlalu banyak, begitu juga dengan fitur dan perabotan yang akan dipasangkan di dalamnya.

Nah, kalau memilih membangun kamar tidur desain minimalis, sisa anggaran bisa digunakan untuk biaya desain interior ruang. Termasuk membeli cat kualitas tinggi atau tanaman-tanaman hias sebagai pemanis ruang. Jadi, sekalipun minimalis, kamar tidur tetap akan terlihat cantik dan elegan.

Kita mungkin  bisa melakukan riset kecil – kecilan , upaya perawatan di depan apa yang perlu dilakukan , demi menghindari perawatan rutin yang bisa membebani dan menjadi masalah yang membesar di kemudian hari.

(Baca juga : 5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Transaksi di Situs Jual Rumah Online )

4. Kamar Lebih Estetik dan Ikonik

Jika membangun kamar tidur minimalis, usahakan juga memasukkan aksentuasi artistik ke dalam kamar tersebut. Seperti mengecat dinding dengan memadukan antara warna cerah dan warna netral. Bisa juga dengan memasukkan aksentuasi natural seperti bunga hias serta memasangkan cermin yang berukuran besar di sudut kamar tidur. Secara keseluruhan, skema warna yang dominan ialah yang bernada monokrom yang menciptakan ruang yang berkesan lega, cerah dan elegan.

Pilih asesoris lebih sedikit. Tempatkan item hanya yang benar – benar diperlukan, dan sebisa mungkin dengan model transparan. Penggunaan vas bunga misalnya tentu bisa dilakukan, asalkan tidak memenuhi seluruh rak dengan vas bunga. Dan sebisa munngkin gunakan material transparan untuk vas bunganya.

Penggunaan wallpaper tembok juga bagus untuk estetika ruang. Anda bisa memadukannya dengan foto-foto sendiri dan keluarga yang dipajang di tempat yang strategis. Jika desain artistik semacam ini berhasil dibuat, tentu kamar tidur akan terlihat lebih estetis dan ikonik.Ingat gunakan dekorasi dalam jumlah sedikit.

Itulah beberapa alasan mengapa harus memilih desain kamar tidur minimalis daripada yang lain. Alasan ini pula yang membuat masyarakat tertarik memilihnya dan menerapkannya untuk kamar tidur di rumah. Jadi, pertimbangkan untuk memilih desain kamar ini di rumah Anda.

 

 

 

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?