Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Tips Mencari Rumah Jogja Agar Nyaman untuk Ditinggali

Rumah Jogja

Tips Mencari Rumah Jogja Agar Nyaman untuk Ditinggali

Saat ini cukup banyak orang yang mencari rumah Jogja untuk menjadi tempat tinggal. Jogja sendiri merupakan sebuah kota yang masuk ke dalam Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan kultur yang begitu kuat disertai dengan keramah tamahan warganya membuat banyak orang yang tertarik untuk mencari rumah disini.

Sebagai daerah yang menjadi rujukan kedua untuk berwisata setelah Bali ini, ditambah lagi  peran dan historisnya sebagai kota pelajar , menjadi alasan lain mengapa banyak orang ingin mencari tempat tinggal disini .Jika anda merupakan salah satu orang yang juga sedang mencari rumah di daerah Jogja sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal. Dengan demikian anda bisa menemukan sebuah rumah yang nyaman untuk ditinggali.

(Baca juga : Kriteria Rumah Idaman yang Baiknya Anda Tahu

Menimang Aspek Lokasi yang Diinginkan

Jika anda merupakan salah satu orang pencari rumah Jogja yang baru saja berkeluarga, menimang aspek lokasi tinggal sangatlah penting. Ketika anda mencari tempat tinggal yang nyaman bisa memerhatikan apa saja aspek yang dibutuhkan. Bukan menjadi masalah jika anda juga memilih daerah disekitaran Kota Jogja sebagai tujuan menjadi tempat tinggal.

Karena wilayah yang diputari oleh ring road ini membuat akses jalan ke manapun, termasuk ke wilayah pusat kota yang banyak sekali memiliki tempat jajanannya. Dengan memilih tempat tinggal dipinggiran kota, seperti di Kulonprogo, Bantul, Gunung Kidul maupun Sleman. Bisa menjadi sebuah solusi konkrit jika anda mengutamakan kenyamanan serta ketenangan dalam bertetangga.

(Baca juga: Rumah Surabaya Ramai Diincar Para Pencari Properti)

Karena jika anda memilih tinggal di pusat kota justru bisa membatasi dalam proses berbaur. Kita ketahui bersama jika daerah ini memiliki julukan sebagai kota pelajar. Sehingga untuk pusat kota-nya akan sangat banyak disesaki oleh para pendatang yang menuntut ilmu disini. Namun julukan yang disematkan pada kota ini, membuat anda tidak perlu khawatir dengan pendidikan anak.

Selain perlu mencermati zonasi yang diperbolehkan  dibangun rumah, yakni zona kuning. Perlu dipertimbangkan bahwa  di Jogja,  tanah pertanian tidak bisa begitu saja dirubah penggunaannya menjadi hunian.  Ini terkait dengan kebijakan ketahanan pertanian dan menjaga pasokan pangan.  Ada proses perijinan yang lazim disebut pengeringan tanah: membuat lahan basah menjadi lahan kering, yang pada dasarnya ini adalah ijin IPPT. Mengurusnya bisa ke kantor BPN atau  kantor PU Kabupaten setempat. Selain itu ada juga proses  klarifikasi, dengan luasan maksimal adalah 500 meter persegi bagi peruntukkan rumah toko, perumahan dan sebagainya.

(Baca juga : Ini Keunggulan Perumahan di Bandung)

Mempertimbangkan Anggaran yang Tersedia

Setelah sebelumnya telah dibahas mengenai gambaran aspek lokasi yang bisa menjadi daerah alternatif sebagai rumah jogja sebagai tempat tinggal. Selanjutnya anda juga perlu menyesuaikan isi kantong sebelum membeli rumah tersebut. Jika anda memilih untuk mencari rumah di daerah pusat kota tentu harganya akan lebih tinggi.

Apabila anggaran yang anda miliki tidak terlalu besar apalagi jika baru berkeluarga, memilih mencari rumah di daerah Kota Jogja merupakan tindakan paling realistis. Jika anda ingin melakukan survei terlebih dahulu mengenai kisaran harga di daerah Provinsi DIY. Memanfaatkan portal rumahdimana.com sebagai alat pembantu mencari tempat tinggal merupakan pilihan paling tepat.

Karena pada portal tersebut juga akan membantu anda dalam menimbang lokasi rumah yang akan dipilih. Baik itu dari segi lokasi dan juga harga bisa anda dapatkan informasinya secara akurat. Dengan memperhatikan beberapa tips untuk memilih rumah jogja bisa membuat anda lebih mudah dalam menentukkan tempat yang akan dijadikan tempat tinggal paling nyaman.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?