Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Usaharumahan Modal Kecil untuk Penggemar Fashion Wanita

UsahaRumahan

Usaharumahan Modal Kecil untuk Penggemar Fashion Wanita

Usaharumahan semakin banyak dicari sejak merebaknya pandemi awal 2020 lalu. Bagi banyak orang, menjalankan usaha dari rumah lebih nyaman, utamanya untuk mereka yang belum memiliki pengalaman bisnis.

Seiring dengan kenaikan harga BBM yang segera diikuti dengan naiknya harga kebutuhan pokok. Sementara gaji kebanyakan karyawan yang terkadang tidak cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup. Semakin relevan upaya untuk membuat penghasilan tambahan.  Tidak ada salahnya untuk membuka usaha rumahan yang menguntungkan, bagi kamu yang membutuhkan uang tambahan.

Tidak sedikit yang meremehkan bisnis semacam ini. Di sisi lain, faktanya, banyak sekali orang yang sukses dalam menggarap bisnis rumahan.

Selalu ada sisi plus dan minusnya. Pelaku usaha  yang menjalankan usaha rumahan, ada kelebihan paling utama yang akan mereka rasakan. Yakni mereka tidak harus berangkat kerja di pagi hari buta lagi. Berangkat sebelum muncul matahari dan sampai rumah saat matahari sudah tenggelam. Berimpit – impitan di dalam transportasi umum, atau berjam jam menatap bumper dan terjebak dengan kemacetan di dalam mobil.

(Baca juga : Seputar Kredit Pemilikan Rumah : Pengertian dan Jenis- jenisnya )

UsahaRumahan
credit:craiyon.com

Termasuk yang sisi positifnya :  akan memiliki jam kerja yang sangat fleksibel saat menjalankan usaha rumahan. Rekan pembaca bisa menentukan kapan para pegawai Anda harus bekerja, kapan waktu operasional bisnis yang tepat untuk usaha rumahan Anda, dan lain sebagainya.

Sayangnya, usaha rumahan tidak cocok untuk semua orang, terutama bagi mereka yang suka berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Banyak orang yang merasa bahwa menjalankan usaha rumahan membuat diri mereka semakin terisolasi dengan orang-orang dan lingkungan sekitar. kita juga perlu memikirkan orang-orang yang tinggal di sekitar tempat tinggal kita. Misalnya, apakah mereka merasa tidak terganggu dengan kebisingan yang ditimbulkan dari usaha rumahan kita? Atau mungkin mereka merasa jalanan menjadi semakin sempit akibat banyaknya mobil operasional dari usaha rumahan kita

Usaha di rumah juga tidak memerlukan modal yang besar untuk menyewa tempat dan transportasi sehari-hari. Bahkan, beberapa usaha bisa dimulai dengan modal ratusan ribu rupiah saja. Salah satunya yaitu bisnis fashion yang digeluti oleh Elisha Lazaria yaitu Her Goods Store, yang dimuali dengan modal sekitar Rp300.000. Bagaimana mahasiswi ini memulai dan menjalankan bisnisnya? Simak selengkapnya di sini.

Berawal dari usaharumahan  Jual Barang Bekas, Kini Bisnisnya Menggurita

Elisha, yang merupakan mahasiswi magister bisnis di Prasetya Mulya Business School ini merintis usaha setelah lulus dari jurusan teknik Institut Teknologi Bandung pada tahun 2016. Bisnis ritel yang dijalaninya saat ini ternyata dimulai dengan modal setara uang jajan mahasiswi kota metropolitan.

Mengawali usahanya, Elisha menjual barang-barang bekas miliknya secara online di Instagram. Kemudian, dari sana diteruskan berjualan aneka produk fashion terutama pakaian hangat dari bahan rajutan. Usahanya kemudian dikembangkan dengan pemilihan merek, penentuan target pasar spesifik, dan strategi pemasaran lainnya.

Her Goods Store menyasar pada pasaran perempuan muda menengah ke bawah. Maka, tak heran produk yang mereka sediakan dibanderol dengan harga ramah kantong. Keunggulan produk mereka yaitu harganya terjangkau dan memiliki nilai eksklusif. Bagi penggemar fashion yang ingin pakaian yang tidak pasaran tapi bujet terbatas, produk mereka dapat menjadi solusinya.

(Baca juga : Ini Alasan Mengapa Beberapa Artis Memilih Tinggal di Rumah Kontrakan  )

UsahaRumahan
credit: craiyon.com

Selama menjalankan usaha, Elisha mengakui banyak menghadapi tantangan karena kurangnya pengalaman. Misalnya, tentang bagaimana menemukan nama brand yang tepat, mengurus sumber daya manusia, dan mencari produk yang sesuai dengan nilai-nilai mereka tawarkan. Selain membuka toko online, dia juga membuka gerai di sejumlah pusat perbelanjaan. Meski gerai-gerai tersebut kemudian ditutup karena dampak pandemi, Her Goods Store tetap berjalan dengan pemasaran secara  daring.

Saat ini, Her Goods Store menjadi penyedia aneka kebutuhan wanita seperti atasan, jaket, celana, dan tas. Produk-produknya pun mudah didapat melalui toko online-nya yaitu hergoodsstore.com, marketplace Shopee, serta media sosial TikTok dan Instagram. Peminat setia produk toko online ini pun telah mencapai lebih dari 700.000 orang. Hal ini membuktikan bahwa usaha yang dirintis dari rumah dapat berkembang menjadi besar selama dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Nah, buat Anda yang sedang mencari ide usaharumahan mungkin bisnis pakaian dapat dicoba. Terutama jika Anda pun memiliki minat yang besar terhadap fashion. Manfaatkan ruangan di rumah dengan membuat sekat di ruang tamu atau garasi untuk membuka toko pertama Anda sambil menjalankan pemasaran daring. Selanjutnya, setelah usaha berkembang, Anda dapat menyewa atau membeli toko. Menarik, bukan?

 

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?