+62 8581194219

[email protected]

Compare Listings

6 Tips Penataan Ruangan Keluarga Minimalis yang Unik Sekaligus Nyaman

6 Tips Penataan Ruangan Keluarga Minimalis yang Unik Sekaligus Nyaman

6 Tips Penataan Ruangan Keluarga Minimalis yang Unik Sekaligus Nyaman

Ruang keluarga merupakan bagian dari rumah yang sangat penting untuk menumbuhkan kebersamaan di antara penghuninya. Oleh karena itu, meskipun rumah berukuran kecil, perlu dibuat ruang khusus keluarga yang nyaman. Mengusung konsep ruangan keluarga minimalis, Anda dapat menggunakan cara-cara berikut untuk mendekorasinya:

1.   Pilih Furnitur yang Sederhana

Pemilihan perabot sangat berpengaruh terhadap ruangan. Pilihlah perabot dengan paling banyak 3 warna dasar yang bisa Anda pilih, misalnya putih, krem dan emas muda,  yang senada  dengan dinding. Ini perlu untuk menjaga agar ambiensnya tetap minimalis. Modelnya sendiri sesuaikan dengan luas ruangan dan selera Anda, bisa berupa sofa lipat, setengah lingkaran, ataupun sofa bed.

Lengkapi dengan bantal sofa untuk menambahkan kesan estetis dan kenyamanan penghuni rumah. Pilih bantal dengan warna senada tadi, dari bahan berkualitas, ukuran yang tepat, serta motifnya sesuai dengan sofa.

Sofa bisa dimundurkan untuk menciptakan ruang lebih di ruangan keluarga. Untuk memberi tampilan minimalis Anda perlu menyingkirkan barang – barang yang tidak perlu atau tidak punya fungsi di  ruangan tersebut.  Atau bisa juga disembunyikan di kotak – kotak penyimpanan minimal, agar tampak rapi dan ‘terkoordinasi’.

(Baca juga : 7 Pertimbangan Penting Sebelum Anda Bangun Rumah  )

2.   Pilih Warna Dinding yang Terang

Semakin terang warna dinding Anda, semakin muncul suasana mengundang bagi Anda untuk masuk ke ruangan. Semakin terang ruang juga akan berkesan luas, secara visual. Ada berbagai pilihan warna terang yang bisa disesuikan dengan selera Anda serta kebutuhan keluarga.

3.   Percantik Sudut Ruangan

Jika jumlah ruangan di rumah Anda tidak mencukupi, Anda dapat membuat area ruangan keluarga minimalis di sudut dengan cara meletakkan permadani atau karpet. Sebagai pembatas, gunakan sofa dengan model memanjang. Ambillah sudut yang memiliki jendela dan pasang tirai jendela yang menjulang dengan motif senada dinding. Untuk pelengkapnya, pilih meja berukuran kecil di tengah untuk memberikan kesan luas.

Apabila ingin memfungsikan ruang keluarga sekaligus tempat membaca, Anda dapat menggunakan rak buku yang tinggi sebagai partisi. Pastikan memilih rak dengan warna senada dengan dinding dan furnitur lain.

 

4.   Hiasi dengan Tanaman Hijau

Meskipun ruangan kecil, upayakan meletakkan tanaman hijau sebagai penyegar ruangan. Selain menyegarkan udara, tanaman hias juga menjadikan pemandangan di ruangan lebih segar. Anda dapat memilih pot untuk diletakkan di sudut ruangan ataupun tempat tanaman kecil di atas meja. Bisa juga memilih tanaman ukuran sedang dengan daun lebar, hal ini bisa memperkuat tampilan minimalis.

(Baca juga : Inilah Desain Rumah Minimalis untuk Keluarga Kecil dan Pasangan Muda )

5.   Tambahkan Karpet dan Dekorasi

Karpet dapat memberikan kekuatan tersendiri di ruangan minimalis, selain menghangatkan. Karpet pun dapat melindungi lantai dari kerusakan dan menjadi pembatas fungsi ruang yang digabung menjadi satu. Pilihlah karpet dengan motif senada dengan tone warna ruangan. Baiknya Anda tetap konsisten dengan tiga warna tematis yang telah Anda pilih sebelumnya. Agar tidak berkesan terlalu ramai, dan menjaga ambiens minimalis nya.

Jangan lupa, percantik dinding dengan dekorasi sederhana seperti tipografi, foto keluarga, rak gantung, atau porselen antik. Untuk mengupgrade tampilan, Anda bisa menambahkan bingkai bergambar di sudut ruangan. Rencanakan penempatannya, buat dengan selotip rancangan posisinya agar Anda dapatkan feels nya yang paling cocok. Pasang gambar hitam putih, agar tidak men-distract tampilan minimalis keseluruhan.  Untuk hiasan, Anda juga dapat menempatkan jam dinding dengan bentuk sederhana.

6.   Perhatikan Pencahayaan dan Cermin

Pencahayaan juga merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan kenyamanan ruangan. Pilih lampu hias yang memiliki kesan modern dengan model yang Anda sukai seperti lampu kristal, lampu gantung, ataupun lampu lampion. Agar luangan terasa lebih luas, tempatkan cermin di salah satu sisi ruangan. Pencayaaan yang bagus identik dengan ruangan yang sehat, sesuaikan dengan rencana Anda menempatkan tanaman hidup.

 

Tidak ada benar salah dalam hal ini . Semata – mata penilaian pribadi dan tergantung bagaimana Anda melihat dan merasanya. Ruangan keluarga minimalis dengan penataan seperti di atas tentunya dapat Anda sesuaikan sendiri sesuai selera dan kebutuhan. Anda juga dapat mencari referensi dari majalah dan internet untuk mendapatkan ide dekorasi yang lebih kreatif.

img

Admin

Related posts

Smart Home; Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ini untuk Hunian Anda

Smart Home; Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ini untuk Hunian Anda Rumah dengan sistem smart home...

Continue reading

Masih Ragu Membeli Rumah Subsidi? Simak Dulu 6 Keuntungannya Ini

Masih Ragu Membeli Rumah Subsidi? Simak Dulu 6 Keuntungannya Ini Rumah subsidi disediakan oleh...

Continue reading

6 Tips Jitu Memiliki Rumah Impian Sebelum Usia 30 Tahun

6 Tips Jitu Memiliki Rumah Impian Sebelum Usia 30 Tahun   Tidak sedikit anak muda yang...

Continue reading

Join The Discussion

Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?