Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Cara Cek Harga Tanah Murah Anti Rugi

Cara Cek Harga Tanah Murah Anti Rugi

Menurut pendapat umum, tanah merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan karena nilai jualnya yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Tanah menjadi aset yang cukup aman, terutama jika surat dan legalitasnya memadai. Namun sisi lemahnya,  tanah tidak cukup liquid. Jarang sekali ada tanah murah yang dijual kecuali memiliki sebab tertentu. Misalnya tanah tersebut terletak di kawasan rawan banjir, atau berpotensi digusur karena proyek tertentu.

Harga tanah biasanya dipengaruhi oleh lokasi, jaraknya dengan fasilitas umum, dan potensi masa depan. Jika diperkirakan tanah tersebut berpotensi menjadi lahan bisnis bagi pemiliknya, atau dekat dengan fasilitas publik yang akan dibangun, bisa dipastikan harganya segera naik.

Sementara di sisi lain pertumbuhan penduduk menuntut setiap keluarga minimal memiliki rumah sendiri. Tidak lagi sewa atau menumpang dengan keluarga besar, terutama para pasangan muda. Untuk bisa memiliki rumah, tentu mereka membutuhkan lahan dengan harga terjangkau.

(Simak artikel lainnya : Perumahan Terdekat JIS Akan Segera Selesai, Seperti Apa Desainnya? )

Cara Mengetahui Harga Tanah

Perbedaan harga tanah di satu tempat dengan tempat lain dalam satu daerah membuat para pemburu harga tanah murah harus selektif dan teliti saat memilih. Setiap penjual tanah tentu ingin menjual dengan harga setinggi mungkin, sementara pembeli menginginkan sebaliknya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh calon pembeli untuk mengetahui harga wajar dari tanah di suatu daerah. Karena pertimbangan membeli tanah guna dibangun rumah atau tempat usaha tentu terkait dengan banyak hal, terutama jaraknya dengan kesibukan sehari-hari dan ketersediaan dana. Berikut cara yang bisa dilakukan oleh calon pembeli tanah:

1.      Survey Lapangan

Survey langsung ke lapangan membuat Anda sebagai calon pembeli dapat melihat langsung kondisi tanah, apakah terletak di wilayah yang labil atau stabil. Anda juga bisa mengecek daerah sekitarnya apakah sumber air yang dihasilkan berkualitas baik atau sebaliknya. Termasuk apakah kawasan tersebut rawan banjir atau tidak.

Orang-orang yang tinggal di sekitar kawasan tersebut biasanya mengetahui harga tanah terbaru. Anda bisa bertanya kepada mereka agar tidak mendapat penawaran harga terlalu tinggi. Harga tanah yang wajar biasanya didasarkan pada NJOP hingga dua kali lipat nilai yang tertera.

(Simak artikel lainnya : Hal Yang Harus Dipersiapkan oleh  Desainer Interior Rumah )

2.      Cek di BPN/NJOP

Harga tanah per meter selalu tertera di setiap surat tagihan pajak tahunan (SPPT) yang disebut dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan dapat diakses di BPN. Tanah murah bukan berarti tanah yang dijual dengan harga di bawah NJOP, karena nilai yang tertera pada surat tagihan pajak tersebut merupakan harga terendah, bukan harga wajar.

3.      Konsultasi Notaris/PPAT

Selain survey lapangan, mengecek harga tanah di Badan Pertanahan Nasional dan di lembar SPPT, Anda juga bisa konsultasi dengan notaris terutama yang merangkap sebagai PPAT. Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dapat dipastikan memiliki iinformasi valid terkait harga tanah di kawasan sekitarnya.

Jadi, pastikan Anda mendapat informasi yang valid tentang harga yang wajar sebelum berburu tanah murah di daerah tertentu. Jika ada tanah yang secara kualitas baik lokasinya, kualitas airnya, dan tekstur sekitarnya namun dijual dengan harga sesuai NJOP, maka ambillah kesempatan langka tersebut sebelum diambil orang lain.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?