• Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman
author Call Us: +62 858 1119 4219

Compare Listings

5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Transaksi di Situs Jual Rumah Online

5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Transaksi di Situs Jual Rumah Online

5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Transaksi di Situs Jual Rumah Online

 

Teknologi mulai dimanfaatkan manusia untuk mempermudah suatu urusan. Salah satunya di antaranya adalah membantu proses transaksi agar berjalan efisien. Waktu telah menjadi faktor pertimbangan berbiaya tinggi, yang semua orang berupaya menghematnya. Dan melakukan proses jual beli secara online bisa banyak menghemat waktu. Adagium ‘waktu adalah uang’ benar – benar menjadi senyatanya sekarang.

Kini orang bisa membeli aset properti seperti rumah, apartemen, ruko hingga villa, hanya bermodalkan ponsel saja. Caranya sangat simpel, yaitu dengan mengakses platform jual rumah online di Internet. Portal online jual beli rumah  banyak membantu pemilik rumah menjangkau target pembeli mereka, dengan waktu yang lebih singkat. Dan biaya transaksi yang lebih minim juga.

 

Fitur yang ada di situs jual beli rumah online banyak menawarkan kemudahan pada penggunanya. Bagi penjual, mereka lebih mudah mengiklankan properti secara gratis. Sementara bagi pembeli, mereka bisa memilih rumah impian dengan model dan harga yang beragam. Agar transaksi menjadi maksimal, berikut adalah 5 cara transaksi properti online yang harus anda lakukan

1. Lakukan Pencarian

Pertama, lakukanlah pencarian di halaman website jual beli rumah. Jika website cukup kredibel, maka Anda akan mendapat banyak kemudahan. Misalnya, bisa mengatur pilihan sesuai dengan harga, tipe, lokasi, skema jual beli, dan lain sebagainya. Aturlah pencarian sedetail mungkin sampai menemukan rumah terbaik yang sesuai dengan kriteria.

2. Pertimbangkan Harga Jual dan Lokasi

Kedua, pilihlah rumah impian berdasarkan budget modal yang dimiliki. Dalam hal ini, Anda perlu riset lokasi agar mendapatkan gambaran harga yang lebih jelas. Lokasi rumah tentu mempengaruhi harga jualnya. Oleh karena itu, jika ingin membeli rumah di lokasi strategis maka siapkan saja bujet modal yang cukup.

Selain itu, kelebihan melakukan riset adalah bisa mengetahui harga pasaran rata-rata. Misalnya, suatu rumah dijual dengan harga mahal padahal lokasinya kurang strategis. Nah, karena sudah tahu harga pasaran di lokasi tersebut, maka tinggal nego saja sampai mendapatkan angka yang diinginkan.

3. Perhatikan Kondisi Rumah

Ketiga, perhatikanlah kondisi rumah sebelum Anda bernegosiasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada tahapan ini. Pertama, membaca deskrispsi iklan secara detail dan teliti. Pada halaman iklan, biasanya tersedia foto rumah beserta penjelasannya. Pastikan bahwa Anda membaca keseluruhannya agar mendapat gambaran lebih jelas.

Kedua, manfaatkanlah Google Street View pada situs jual rumah online untuk melihat kondisi dan lingkungan di sekitar. Hanya saja, fitur ini terkadang tidak bisa menjamah ke seluruh lokasi. Sehingga, Anda perlu melakukan cara yang ketiga, yaitu mendatangi lokasi rumah secara langsung. Langkah ini akan membantu Anda dalam mendapatkan gambaran rumah secara lebih nyata.

Website bisa banyak membantu dalam mensortir dan memfilter listing rumah yang Anda cari sesuai kriteria Anda, namun untuk mendapatkan informasi lebih menyeluruh dan detail. Anda tetap perlu mengecek langsung ke lapangan. Melakukan inspeksi ke rumah yang menjadi target Anda, mengamati kondisi detail sudut- sudut rumah, indikasi kondisi pondasi. Bertanya ke warga sekitar tentang kondisi lingkungan dan sekitar rumah nya.   

(Baca juga : Yuk, Intip 5 Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Jual Rumah )

4. Legalitas dan Dokumen Rumah

Keempat, pastikan legalitas dan dokumen rumah tersedia sebagai syarat menyelesaikan transaksi. Anda tentu tak ingin rumah yang dipilih ternyata berstatus sengketa. Oleh karena itu, status bangunan, tanah, atau kepemilikan harus tertera dengan jelas. Periksalah sertifikat secara teliti dan kunjungi kantor BPN jika diperlukan.

5. Pilih Situs Terpercaya

Terakhir, pilihlah situs jual beli terpercaya untuk mendapatkan rumah impian.  Situs jual beli rumah terpercaya seperti RumahDimana.com akan memberi info-info penting untuk membantu Anda menemukan rumah pilihan. Selain itu, memilih situs terpercaya juga bisa membantu Anda mendapatkan informasi yang akurat dan banyak membantu menghindari risiko penipuan.

Demikianlah beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan transaksi beli atau jual rumah online. Dengan langkah-langkah cara transaksi properti online di atas, kegiatan transaksi jadi lebih mudah, aman, dan menguntungkan untuk Anda.

 

img

Amar Wildan

Related posts

Seputar Kredit Pemilikan Rumah : Pengertian dan Jenis- jenisnya

Pengertian KPR dan Jenis - Jenisnya Sekarang ini, bukan lagi zamannya kesulitan membangun rumah...

Continue reading

4 Alasan Memilih Kamar Tidur Minimalis

4 Alasan Memilih Kamar Tidur Minimalis Konsep minimalis masih menjadi desain kamar yang populer...

Continue reading

Yuk, Intip 5 Keuntungan Menggunakan Jasa Agen Jual Rumah

5 Keuntungan Menggunakan Agen Properti Menjual atau membeli rumah tidak bisa dibilang perkara...

Continue reading

Join The Discussion

Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?