Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Dekorasi interior dan Prinsip Penting Dalam Desain

Prinsip Penting Dalam Desain dan Dekorasi Interior Rumah Minimalis

Dekorasi interior adalah salah satu pekerjaan rumit yang mengharuskan cita rasa seni tingkat tinggi, karena terkait dengan selera, fungsi, dan nilai estetik. Ada rumah yang interiornya terdiri dari barang-barang bernuansa vintage, klasik, dan ada pula yang mengandalkan sentuhan modern di setiap sudutnya.

Setiap rumah menjadi unik dan biasanya cukup mampu menggambarkan karakter pemiliknya. Seorang yang disiplin cenderung menyukai interior yang rapi dan praktis. Benda seni hanya perlu terletak di beberapa sudut saja yang menjadi favoritnya.

Prinsip Dekorasi Interior

Sementara orang dengan jiwa seni yang tinggi menyukai barang yang tidak hanya berfungsi sesuai kebutuhan dalam mengatur dekorasi interior, tapi juga memiliki nilai estetik. Jika Anda ingin memadukan keduanya, baik nilai seni dengan fungsi, sesuai dengan gaya dan sentuhan personal, maka berikut beberapa prinsip yang perlu Anda perhatikan:

1.      Ukuran Ruang Untuk Dekorasi Interior

Ukuran ruang akan menentukan berapa ukuran barang yang bisa masuk dan apa saja yang benar-benar berfungsi di ruangan tersebut. Jika Anda suka menonton film atau siaran TV sambil tiduran misalnya, tentu butuh layar yang sesuai dengan ukuran kamar. Atau demi nilai estetik dan efisiensi ruang, Anda bisa menggantungnya di dinding yang agak tinggi.

2.      Arah Garis

Perhatikan arah garis yang bisa Anda tentukan, baik diagonal, horizontal atau vertikal. Pastikan sudut yang tepat sesuai dengan arah cahaya agar posisi benda yang ditata di dalam ruangan tersebut tidak tertutup oleh perabot yang tinggi. Anda juga bisa menentukan seberapa besar porsi benda yang dapat memenuhi ruangan tersebut.

3.      Bentuk Ruang

Bentuk ruang akan membantu Anda menentukan bentuk perabot yang perlu mengisinya sesuai dengan fungsi. Misal ukuran kamar yang besar berbentuk persegi panjang dapat diisi dengan lemari 3 atau 4 pintu. Sementara jika bentuknya cenderung persegi, sebaiknya gunakan tempat tidur ukuran besar agar ruang terkesan lebih luas.

Baca Juga: Cara Jual Rumah Cepat; Persiapan dan Tipsnya

4.      Warna

Warna dalam dekorasi interior dapat mengubah perasaan penghuni atau siapapun yang masuk dalam ruangan. Sebaiknya gunakan warna cerah yang lembut untuk ruangan pribadi, dan warna terang yang sedikit tajam untuk ruang publik seperti dapur, ruang tamu, atau teras.

Warna yang terlalu ekstrim dapat memberi kesan intimidasi kepada siapapun yang masuk dalam ruangan tersebut. Untuk mengimbangi cahaya yang masuk dalam ruangan agar terkesan lengkap, gunakan perabot dengan warna senada atau tone yang sesuai. Misal dinding ruang tamu warna nude, dipadu dengan kursi warna krem dan meja berkaca gelap.

5.      Sumber Cahaya

Sebisa mungkin, gunakan sumber cahaya alami saat siang hari. Selain agar hemat listrik, cahaya alami membantu Anda merasa lebih nyaman dan dekat dengan alam meskipun tinggal di rumah modern.

Dari beberapa prinsip dekorasi interior di atas, manakah yang sudah Anda terapkan atau butuh perbaikan? Bagaimanapun, Anda bisa menyesuaikan prinsip tersebut dengan selera dan fungsi yang ingin dibangun dari setiap detil perabot di rumah.

Meta deskripsi:

Dekorasi interior memiliki prinsip yang harus diperhatikan saat menyusun konsep dan memilih perabotan agar berfungsi maksimal dan tetap estetik

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?