Terpercaya. Pasang listing properti Rp.0 !

Jenis-Jenis Wallpaper Dinding untuk Mempercantik Ruangan

jenis-jenis
Reading Time: 2 minutes

Jenis-Jenis Wallpaper Dinding untuk Mempercantik Ruangan

Wallpaper dinding adalah salah satu cara yang efektif untuk memberikan sentuhan dekoratif pada ruangan. Dengan berbagai pilihan motif, tekstur, dan warna, wallpaper dapat mengubah atmosfer ruangan secara keseluruhan. Di bawah ini, kita akan mengenal jenis-jenis wallpaper dinding yang dapat Anda pertimbangkan untuk mempercantik rumah atau kantor Anda.

1. Vinyl Wallpaper

Vinyl wallpaper adalah jenis yang paling umum digunakan. Terbuat dari bahan plastik, vinyl wallpaper tahan air dan mudah dibersihkan. Wallpaper ini juga tahan terhadap noda dan kelembaban, membuatnya cocok untuk dinding di area seperti kamar mandi dan dapur.

2. Paper Wallpaper

Paper wallpaper terbuat dari kertas dan seringkali memiliki berbagai tekstur seperti polos, bergaris, atau dengan motif tertentu. Wallpaper ini cenderung lebih terjangkau, tetapi kurang tahan lama dibandingkan dengan jenis wallpaper lainnya. Sebaiknya, hindari penggunaan paper wallpaper di ruangan yang sering terkena kelembaban.

3. Non-Woven Wallpaper

Non-woven wallpaper terbuat dari serat sintetis yang dicampur dengan serat selulosa. Wallpaper ini lebih tahan lama daripada paper wallpaper dan lebih mudah untuk dipasang. Non-woven wallpaper juga dapat menutupi kekurangan permukaan dinding dengan baik.

4. Textile Wallpaper

Textile wallpaper menggunakan bahan tekstil seperti sutra, wol, atau kain katun. Wallpaper ini memberikan sentuhan mewah dan elegan pada ruangan. Meskipun terlihat indah, perlu diperhatikan bahwa textile wallpaper memerlukan perawatan khusus dan lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Foil Wallpaper

Foil wallpaper memiliki lapisan permukaan yang berkilau dan mencerminkan cahaya. Ini cocok untuk ruangan yang membutuhkan sedikit kilauan atau sebagai aksen di dinding tertentu. Namun, perlu diingat bahwa foil wallpaper cenderung lebih sulit untuk diaplikasikan dengan rapi.

6. Mural Wallpaper

Mural wallpaper menghadirkan seni pada dinding. Dengan gambar atau motif yang besar, mural wallpaper dapat menjadi fokus utama dalam suatu ruangan. Pilihan ini cocok untuk menciptakan atmosfer yang unik dan personal.

Baca Juga: Memahami Lebih Dalam tentang Wall Molding atau Panel Dinding

7. Glow-in-the-Dark Wallpaper

Wallpaper yang dapat berpendar dalam gelap memberikan sentuhan magis pada ruangan. Cocok untuk kamar tidur anak-anak atau ruangan hiburan, glow-in-the-dark wallpaper dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan kreatif.

8. Grasscloth wallpaper

Merupakan jenis wallpaper yang terbuat dari serat alam, terutama serat rumput atau tanaman alami lainnya. Dibuat secara tradisional dengan cara menenun serat alam seperti rumput laut, jute, atau serat tanaman lainnya, grasscloth wallpaper menawarkan tekstur unik dan alami yang tidak dapat dicapai dengan mudah oleh jenis wallpaper lainnya.

9. Peel and stick wallpaper

Sering disebut juga sebagai self-adhesive wallpaper, peel and stick adalah jenis wallpaper yang dirancang untuk dipasang dengan cara yang lebih mudah dan bebas repot. Keunikan utama dari peel and stick wallpaper adalah adanya lapisan perekat di bagian belakangnya, yang memungkinkan Anda untuk memasangnya ke dinding tanpa menggunakan lem atau pasta tambahan. Proses pemasangan peel and stick wallpaper umumnya lebih cepat dan lebih bersih dibandingkan dengan wallpaper konvensional.

10. Flock wallpaper

jenis wallpaper yang memiliki tekstur lembut dan mewah, dihasilkan dengan menambahkan serat halus atau serat bulu ke permukaan kertas atau vinil wallpaper. Tekstur bulu atau serat yang diterapkan pada wallpaper memberikan tampilan yang kaya dan dimensi tambahan ke dinding.

Sebelum memilih jenis wallpaper, pertimbangkan gaya dekorasi keseluruhan, fungsi ruangan, dan anggaran yang dimiliki. Dengan memilih wallpaper yang tepat, Anda dapat menciptakan ruangan yang indah dan sesuai dengan selera pribadi Anda.

Bagikan laman ini :

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?