Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Kelebihan Granit Lantai dan Jenis-Jenisnya yang Mudah Didapat di Pasaran

Kelebihan Granit Lantai dan Jenis-Jenisnya yang Mudah Didapat di Pasaran

Lantai merupakan salah satu bagian rumah yang harus mendapatkan perhatian khusus, terutama pemilihan materialnya. Jenis material lantai umumnya disesuaikan dengan kebutuhan apakah menggunakan lantai plester, keramik, atau granit lantai. Jika ingin menggunakan bahan granit untuk lantai rumah Anda, sebaiknya ketahui dulu apa saja kelebihannya dan jenis-jenis granit yang ada di pasaran.

Kelebihan Menggunakan Granit Lantai

Granit lantai biasanya dipilih karena dapat memberikan kesan mewah pada rumah. Namun, tak hanya itu, masih ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh material granit, yaitu;

1. Memiliki Kesan Alami

Granit mampu memberikan kesan elegan dan alami pada rumah. Tekstur dan warnanya yang dekat dengan alam sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis dan tropis.

2. Tahan Panas

Bahan granit cocok untuk diterapkan di dapur terutama pada meja kabinet dan kitchen set karena sifatnya tahan panas. Dengan begitu, dapur menjadi lebih aman karena risiko kebakaran dapat dikurangi.

3. Tahan Lama

Granit bersifat tahan lama. Meskipun lebih mahal dari keramik, material ini lebih awet dan cocok untuk jangka panjang.

4. Tahan Goresan dan Beban Berat

Lantai berbahan granit lebih tahan benturan benda jatuh dan goresan dibandingkan lantai keramik. Bahkan jenis granit tertentu sanggup menahan beban berat hingga 500 kg.

5. Mudah Dibersihkan

Karena daya serap airnya relatif kecil yaitu 0,05%, bahan ini mudah dibersihkan. Untuk menjadikannya kembali bersih, cukup dipoles menggunakan bubuk khusus permukaan granit.

(Simak artikel lainnya : 5 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Cantik dan Mudah Didapat )

Jenis-Jenis Granit Lantai

Adapun jenis-jenis granit yang tersedia di pasaran yaitu:

1. Granit Hitam

Granit jenis ini memberikan kesan mewah dan elegan, sesuai untuk rumah berkonsep minimalis modern. Ada dua jenis granit hitam yaitu granit hitam poles dan granit asah. Granit poles memiliki tampilan mengkilap sehingga terlihat elegan dan klasik. Sebaliknya, granit asah terlihat tidak mencolok dan terkesan teduh. Namun, granit hitam memiliki kelemahan yaitu memerlukan perawatan rutin agar tidak terlihat kusam dan kotor.

2. Granit Cokelat

Untuk rumah bertema rustic, kontemporer, dan natural, Anda dapat memilih granit cokelat. Granit ini cocok dipadukan dengan elemen kayu di rumah Anda. Biasanya granit ini memiliki motif kayu dan marble. Warna cokelat juga termasuk netral sehingga cocok dipadukan dengan berbagai warna serta model furnitur.

3. Granit Hijau

Granit hijau mampu memberikan kesan alami dan mewah untuk memberikan kesan sejuk di dalam rumah. Granit lantai ini cocok untuk rumah dengan perabotan didominasi warna cokelat tua. Biasanya granit hijau digunakan sebagai aksen dekoratif atau diterapkan pada bagian dapur.

4. Granit Emas

Granit emas memberikan kesan mewah dan berkelas. Biasanya emas dikombinasikan dengan granit putih untuk lantai gedung atau tempat ibadah.

5. Granit Putih

Granit jenis ini cocok untuk rumah berkonsep modern minimalis karena warna putih mampu memberikan ksean luas, cerah, dan terang kaerna dapat memantulkan cahaya. Itulah kelebihan dan jenis-jenis granit lantai untuk menambah pengetahuan Anda. Semoga setelah mengetahui sedikit banyak tentang granit, Anda bisa memilih mana yang tepat untuk dipasang di rumah.

(Simak artikel lainnya : Kontrakan Terdekat Kawasan Industri Pulogadung Jakarta, Segini Harga Sewanya )

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?