Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Penting! Inilah Hubungan Covid19 dan Lingkungan Rumah yang Sehat

covid19

Penting! Inilah Hubungan Covid19 dan Lingkungan Rumah yang Sehat

Belakangan ini banyak orang yang mencari informasi terkait dengan virus covid dan lingkungan rumah. Hotspot virus covid atau pandemik Covid19 sepertinya terus bergerak, kini sudah menjadi pandemi di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia. Para ilmuwan saat ini belum sepenuhnya memahami karakter dasar pandemik ini, dan tidak bisa memberi jaminan seburuk apa kondisi ke depan nya. Namun, banyak ahli yang menyuarakan pentingnya  senantiasa menjaga kebersihan lingkungan rumah karena pandemi ini menyebar melalui virus.

Penyebaran virus ini melampaui batas negara, tidak mengenal ras,warna kulit dan agama. Setelah Tiongkok, dan Italia,  saat ini episenter pandemi bergerak ke Amerika Serikat. Di awal Maret hanya ada 100+ kasus positif Covid. Pandemik ini terus berakselerasi per 31 Maret  sudah mencapai 161.000+ kasus.  Angka ini melonjak dua kali lipat setiap 3 hari.  Kematian mencapai 3000+ dengan hampir separuhnya ada di kota New York. Sebuah ‘medical warzone’.

Sebagai orang yang cerdas, dan peduli sesama, kamu harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah dan menghentikan penyebaran pandemik Covid ini.

Ada hubungan erat antara pandemi Covid19 dan lingkungan rumah terutama terkait dengan pencegahan penularan virus corona. Ada beberapa usaha mudah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah atau setidaknya mengurangi penyebaran virus corona yang terjadi sekarang ini. Menjaga lingkungan rumah tetap bersih merupakan cara paling aman dan apuh untuk kamu lakukan.

(Baca juga : Membeli Apartemen : Pahami Legalitasnya Sebelum Membeli)

Tips Menjaga Lingkungan Rumah Bebas dari Covid19

  1. Perhatikan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal kamu

Langkah pertama untuk mencegah penularan corona virus yang bisa mudah kamu lakukan adalah menjaga kebersihan di rumah. Membersihkan permukaan yang sering disentuh dengan sabun dan air secara rutin. Ini termasuk gagang pintu, meja, saklar lampu, telepon, keyboar dan sebagainya.

Setelah dibersihkan bisa juga menggunakan desinfektan pada permukaan tersebut. Pastikan menggunakan sarung tangan dan ventilasi rumah dibuka saat proses desinfektan dilakukan

Tidak hanya di dalam rumah, kamu juga harus perhatikan bagaimana kebersihan di sekitar lingkungan rumah tersebut. Pastikan tidak ada hal hal yang bisa menyebabkan penularan virus covid ini menjadi semakin ganas dan cepat.

  1. Terapkan pola hidup bersih dan sehat

Tips berikutnya untuk menjaga lingkungan rumah kamu bebas dari virus corona adalah menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Selian menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, kamu juga harus membekali diri degan menerapkan pola hidup besih dan sehat atau lebih dikena sebagai PHBS. Penerapan PHBS ini setidaknya akan mengurangi risiko kamu tertular virus corona.

  1. Kurangi aktivitas di luar ruangan untuk sementara

Karena penyebaran pandemik Covid-19 ini sudah sangat tinggi di seluruh dunia termasuk di Indonesia, ada baiknya anda mengurangi kegiatan di luar rumah. Salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan ialah tetap tinggal di rumah, berdisiplin,  dan pergi keluar rumah hanya untuk keperluan yang benar- benar mendesak seperti membeli bahan pokok. Virus tidak bergerak sendiri, selalu ada manusia sebagai carrier yang membuat virus berpindah. Selain itu juga penting  melakukan physical distancing yakni menjaga jarak, paling sedikit 2 meter antara kita dengan orang lain. Virus yang dibawa penderita dalam bentuk droplet bisa ‘terbang’  sejauh 1,5 m, saat penderita batuk atau bersin. Physical distancing mengurangi peluang tertular dengan cara demikian.

(Baca juga : Ini Alasan Mengapa Beberapa Artis Memilih Tinggal di Rumah Kontrakan  )

Kampanye oleh banyak pihak terus dilakukan untuk  menerapkan physical  distancing seperti bekerja dari rumah, beribadah dari rumah dan belajar dari rumah supaya penularan dan penyebaran virus covid 19 ini bisa segera dihentikan. Hal ini amat penting agar tidak menambah beban RS dan tenaga kesehatan yang semakin besar, mencegah jatuhnya korban jiwa lebih banyak lagi. Dan upaya ‘menjaga jarak fisik’ ini bisa jadi akan terus dilakukan dalam berbulan- bulan ke depan, bahkan mungkin bertahun.

Itulah beberapa pejelasan penting yang harus kamu ketahui seputar lingkungan rumah dan penyebaran virus covid 19. Dengan kondisi seperti sekarang ini, kamu harus sadar jika tidak ada cara lain untuk mengurangi penyebaran virus corona selain dengan menjaga kebersihan rumah dan diri sendiri. Semoga saja tulisan terkait covid dan lingkungan rumah ini bisa berikan banyak manfaat untuk kamu yang membacanya.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?