Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Mencari Perumahan Syariah? Berikut Ini  Ciri Cirinya

Mencari Perumahan Syariah? Berikut Ini  Ciri Cirinya

Beberapa waktu belakangan, mulai banyak dikenalkan lokasi rumah atau perumahan syariah kepada pada calon rumah. Memang dalam memilih rumah, tidak hanya lokasi yang menjadi pertimbangan penting tetapi juga bagaimana lingkungan rumah itu sendiri. Perumahan yang dikatakan syariah ini tentu mengutamakan aspek aspek penting buat kamu yang ingin memilih rumah dengan lingkungan syariah.

Tak hanya lingkungan saja, bahkan beberapa perumahan juga menawarkan semua kebutuhan kamu secara syariah termasuk ketika membeli rumah tersebut secara kredit dan sebagainya. Memang benar tidak semua orang memilih kebutuhan rumah atau tempat tinggal yang sama karena setiap manusia pasti memiliki selera yang berbeda beda pula.

( Baca juga : Cara Mencari Rumah Dijual di Malang dengan Harga Miring )

perumahan syariahSalah satu segmen pasar yang dibidik dari penjualan perumahan syariah ini ialah mereka yang tidak memiliki akses perbankan. Istilahnya non-bankable. Kelompok masyarakat ini  bisa jadi bukan termasuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hanya saja mereka  tidak memiliki rekening bank, tidak punya slip gaji, namun memiliki penghasilan tiap bulannya.

Meskipun menyandang label syariah, semestinya ia tidak menjadi terlalu eksklusif, tidak menjadi sekat- sekat memisahkan.  Dalam arti keluarga yang kebetulan non-muslim pun bisa membeli dan tinggal di sana. Selama keluarga tersebut tidak keberatan tentunya.

Maraknya permukiman berlabel syariah, mau tak mau membuat calon konsumen lebih berhati-hati. Jangan sampai terbujuk rayuan muluk namun  berujung penipuan. Penting untuk selalu dapatkan informasi dari sumber yang valid, verifikasi, dan  gali lebih dalam rekam jejak pengembang .

Sebelum memiliki rencana untuk membeli sebuah rumah, pahami dulu apa tujuan dan kebutuhanmu membeli rumah tersebut. Jika akan digunakan sebagai tempat tinggal utama tentu saja kamu harus perhatikan semua aspek penting seperti lokasi, kondisi alam, lingkungan sosial dan masih banyak lagi aspek penting yang harus kamu perhatikan.

Apa Ciri-Ciri Perumahan Syariah

Perumahan yang dikatakan syariah pada dasarnya harus memenuhi beberapa unsur mulai dari awal hingga akhir. Artinya, mulai dari perencanaan, proses transaksi jual beli rumah hingga pengembangan perumahan tersebut harus disesuaikan dengan syariat Islam. Selaras dengan  gaya hidup di seputar konsep halal. Bahasa yang lazim digunakan seperti tanpa riba, tanpa denda, tanpa sita, tanpa pemeriksaan skor kredit, tanpa akad bathil.   Apa saja ciri ciri perumahan dan rumah syariah bisa kamu pelajari dari penjelasan di bawah ini.

(Baca juga : Membeli Apartemen : Pahami Legalitasnya Sebelum Membeli)

Sebuah hunian yang syariah harus memiliki sistem transaksi jual beli yang bebas dari riba. Sebenarnya hal inilah yang menjadi perbedaan antara permainan umum biasa dengan perumahan yang syariah. Dalam konsep syariah, pembeli bertindak sebagai co-pemilik- bersama – sama pihak bank. Dan pembeli melakukan pembayaran bulanan untuk membeli kembali share kepemilikannya bank atas rumah tersebut. Setelah pembayaran final diselesaikan, properti akan diserah terimakan pada anda sebagai pembeli dengan transfer kepemilikkan,  dengan akad hibah.

Akad jual beli yang akan disepakati juga harus disampaikan sejak awal secara jelas sehingga tidak ada perubahan jumlah dan skema pembayaran hingga selesai.

Ciri-ciri berikutnya yang juga menjadi kelebihan dari perumahan berbasis syariah adalah tidak ada penyitaan oleh pengembang atau penjual. Ketika seorang pembeli tidak mampu menyelesaikan transaksi sesuai dengan kesepakatan awal, maka pihak pengembang akan membantu menjual rumah tersebut. Ketika rumah sudah terjual barulah pihak pengembang berhak atas sebagian hasil penjualan sesuai dengan utang yang dimiliki pembeli tadi.

Sistem pembayaran pada perumahan jenis syariah ini juga sangat menarik buat kamu ketahui. Sebelum bertransaksi, pembeli dan pengembang perumahan akan menyepakati karga harga dan waktu pembayaran beserta dengan berbagai macam ketentuannya. Selama proses angsuran berlangsung, tidak ada kenaikan harga kecuali memang sudah disepakati sebelumnya. Proses kpr perumahan jenis syariah ini juga tidak melibatkan pihak bank atau lembaga keuangan.

Pembeli hanya akan berurusan dengan developer perumahan dan juga jasa notaris yang ditunjuk sesuai kesepakatan. Dengan ciri ciri sekaligus kelebihan permuahan berbasis syariah ini, kamu pasti merasa sangat tertarik. Jika penasaran segera konsulitasikan keinginan membeli perumahan syariah kamu pada ahlinya seperti pihak rumahdimana.com.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?