Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Perumahan Terdekat JIS Akan Segera Selesai, Seperti Apa Desainnya?

perumahan terdekat

Perumahan Terdekat JIS Akan Segera Selesai, Seperti Apa Desainnya?

Jakarta International Stadium (JIS) saat ini tengah menjadi sorotan terkait polemik tentang standar untuk kelayakan pertandingan sepak bola kelas dunia yang digulirkan oleh PSSI. Di balik kemegahan JIS, ternyata ada perumahan terdekat yang terdampak oleh pembangunan fasilitas olahraga berskala internasional ini yaitu Kampung Bayam. Sejak Mei 2022 lalu, dii kampung yang berada di samping rel kereta api dekat JIS ini mulai dibangun rumah susun untuk merelokasi warga yang menghuni bantaran rel kereta api.

Disebutkan bahwa pemerintah akan menyiapkan lebih dari 130 unit rumah susun yang nantinya akan siap ditinggali dengan konsep pertanian perkotaan, sesuai mata pencaharian penduduk yang sebagian besar bertani. Pemprov DKI Jakarta sendiri merencanakan proyek rumah susun Kampung Bayam atau Kampung Susun Bayam selesai pada September 2022 ini.

Rumah Susun Modern dengan Desain Mezzanine

Di kompleks Kampung Susun Bayam akan dibangun tiga gedung hunian yang masing-masing memiliki empat lantai. Nantinya, bangunan tersebut diperuntukkan bagi 135 kepala keluarga dan ditambah tiga unit khusus untuk penyandang disabilitas.

Setiap unit rumah di sini memiliki luas 36 meter persegi yang dibagi menjadi ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga, dapur, balkon, dan tempat menjemur pakaian. Tak hanya area perumahan dengan luas 11.844 m persegi, di sini juga dilengkapi area pertanian perkotaan atau urban farming seluas 1.914 meter persegi. Tak hanya kawasan terbuka hijau, Kampung Susun Bayam juga akan dilengkapi musala, taman kanak-kanak, perpustakaan, aula serbaguna, toilet umum, unit usaha warga, dan area disabilitas.

(Simak artikel lainnya : Kontrakan Terdekat Kawasan Industri Pulogadung Jakarta, Segini Harga Sewanya )

Konsep desain perumahan terdekat JIS ini mengusung konsep mezzanine yaitu salah satu konsep rumah modern yang namanya diambil dari bahasa Italia mezzo yang berarti bagian tengah. Mezzanine dapat diartikan sebagai ruang atau lantai tambahan dalam sebuah hunian satu lantai.

Idealnya konsep mezzanine diterapkan pada rumah yang memiliki tinggi antara 4,4 hingga 5 meter untuk memanfaatkan ruang yang tersisa menjadi ruangan baru. Dengan tinggi minimal 4.4 meter, ruangan mezzanine atas dan bawah akan mempunyai tinggi ruangan hingga 2 meter. Biasanya bagian tersebut dibuat dengan konsep terbuka dengan material dari kayu, baja, atau beton.

Selanjutnya, mezzanine tersebut dapat difungsikan sebagai kamar tidur, ruang kerja, perpustakaan, ruang penyimpanan, dan ruang santai. Untuk unit di Kampung Susun Bayam sendiri, desain mezzanine yang diterapkan yaitu pada satu lantai bangunan terdapat dua lantai fungsional dengan konsep tata hijau. Dengan demikian, di unit perumahan dapat dilakukan pertanian hidroponik.

Bagaimana? Penasaran dengan hasil akhir perumahan terdekat Jakarta International Stadium ini? Pastinya seluruh masyarakat terutama penduduk Kampung Bayam berharap rumah susun tersebut bisa segera dihuni dan menjadi percontohan bagi proyek perumahan di wilayah lain nantinya.

(Simak artikel lainnya : Kelebihan Granit Lantai dan Jenis-Jenisnya yang Mudah Didapat di Pasaran  )

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?