Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Rumah 2 lantai Minimalis Bertingkat di 2022

Rumah 2 lantai Minimalis Bertingkat

Lahan yang tidak terlalu luas bukan halangan untuk memiliki rumah yang terasa lapang dan nyaman. Ide menarik yang dapat diaplikasikan untuk memanfaatkan lahan sempit adalah dengan membuat rumah minimalis bertingkat yang bisa mengakomodasi seluruh kepentingan penghuninya.

Desain rumah memiliki nilai seni tinggi dan sangat beragam. Oleh karena itu, hampir tidak ada rumah yang sama persis di dunia ini, kecuali dimaksudkan kembar. Setiap desain selalu menyesuaikan dengan kepentingan penghuninya dan ketersediaan sumber daya. Baik biaya, tenaga, dan juga kemampuan untuk mengisinya dengan berbagai fasilitas.

Daftar Kebutuhan Penghuni Rumah Minimalis Bertingkat

Sebelum membuat desain rumah 2 lantai minimalis yang dapat membuat nyaman semua penghuninya, perlu diperhatikan apa yang menjadi titik penting sebuah rumah. Misalnya jika ada penghuni yang sudah lansia, maka sediakan kamar di bawah agar tidak perlu naik tangga.

Jika ada anak, sesuaikan jumlah kamar dengan jumlah anak, agar masing-masing belajar konsep privasi dan berbagi sejak dini. Kebutuhan lain yang perlu disesuaikan misalnya ukuran dapur. Untuk Anda yang gemar memasak, ukuran dapur perlu dibuat lebih lebar agar ketika harus memasak dalam jumlah banyak tidak bingung mencari tempat.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Bertingkat

Ada banyak inspirasi desain yang dapat diaplikasikan untuk rumah 2 lantai minimalis. Untuk lantai bawah, sebaiknya gunakan ruang kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga. Misalnya memasak, menemui tamu, mencuci dan menjemur pakaian, jika diletakkan di lantai atas tentu akan membuat cepat lelah.

Berikut beberapa inspirasi desain yang dapat diaplikasikan pada rumah minimalis yang dibangun dua lantai sebagai siasat memperluas lahan:

1.      Inspirasi Desain Lantai Bawah

Alokasikan lantai bawah untuk kepentingan mendesak sehari-hari seperti kendaraan, dapur, tempat cuci dan satu kamar tidur. Manfaatkan teras sebagai ruang tamu semi terbuka yang dapat dibatasi dengan taman untuk menjaga privasi dari pandangan luar secara langsung. Untuk menghemat ruang, dapur dan tempat makan dapat dijadikan satu.

2.      Inspirasi Desain Lantai Atas

Lantai atas dapat dimanfaatkan sebagai tempat istirahat yang nyaman seluruh atau sebagian anggota keluarga. Misalnya kamar anak, balkon untuk ruang bersama dan sediakan toilet yang dapat diletakkan di masing-masing kamar atau di luar kamar sebagai fasilitas umum.

Ruang bagian atas dapat didesain lebih luas dari ruang bawah dengan memanfaatkan bagian atas carport. Selain bisa digunakan sebagai tempat menjemur pakaian, bagian atas yang kosong dapat didesain seperti kafe mini yang dapat digunakan sebagai tempat perjamuan saat ada acara bersama keluarga atau kerabat.

3.      Inspirasi Desain Dapur

Dapur untuk rumah minimalis tidak perlu terlalu besar. Sebagian perabot dapat disimpan di laci bawah kompor dan bahan makanan disimpan di lemari atas. Anda bisa memasang meja tinggi sebagai pembatas atau sekaligus pengganti meja makan di samping tempat memasak. Dari ketiga ide desain rumah minimalis bertingkat tersebut, manakah yang paling menarik?

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?