Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Tips Mencari Perumahan Murah yang Nyaman

perumahan murah

Tips Mencari Perumahan Murah yang Nyaman

Perumahan menjadi komponen esensial untuk warga bahagia. Bagi pasangan yang baru menikah atau karyawan yang baru pindah ke luar kota, perumahan murah menjadi satu kebutuhan. Idealnya pembangunan perumahan berlokasi dekat kantor atau tempat bekerja. Pasalnya, kondisi perekonomian mereka umumnya belum begitu mapan untuk dapat memiliki hunian yang nyaman dan berstatus milik sendiri.

Yang terjadi pada perumahan relatif terjangkau, lokasinya tidak saja jauh di pinggir kota, namun juga seringkali terisolir dari akses dan sistem angkutan massal. Ini sejalan dengan temuan studi bahwa keluarga menengah ke bawah menghabiskan sampai 25% pendapatannya untuk biaya transportasi. Sebuah potret tata ruang yang belum berkeadilan.

Karakter Perumahan yang Manusiawi dan Nyaman

Kita perlu memahami, dalam bahasa kita sendiri sebagai warga kota: seperti apa dan bagaimana perumahan yang baik dan nyaman itu. Dengan definisi yang sangat bisa jadi berbeda dengan korporasi pelaku pembangun properti.

Dalam gambaran besarnya dan faktanya di Indonesia, hampir 70% perumahan dibangun secara swadaya oleh warganya sendiri. Warga sendirilah – bukan pengembang –  yang berperan dominan dalam pembangunan perumahan. Karena itu diperlukan program perumahan yang didukung kebijakan tata ruang  yang baik, yang berkeadilan dan berpihak pada masyarakat kebanyakan.

Penting adanya kebijakan yang mendorong partisipasi publik dan pelibatan  kelas menengah dalam pengadaan perumahan. Lingkungan hunian yang ramah pejalan kaki (walkable) dengan sambungan trotoar yang menerus, yang dibangun sebagai  kombinasi antara perumahan dan jaringan transportasi massal. Pola membangun yang menanggalkan desain dari sudut pandang mobil, yang beranjak dari orientasi lalu lintas kendaraan bermotor.

Membeli tempat tinggal di lingkungan nyaman dengan harga terjangkau pun ada triknya sendiri agar hasilnya tidak mengecewakan. Ikuti tips berikut agar dapat memperoleh rumah yang sesuai bujet Anda.

1. Cek Situs Jual-Beli Properti di Internet

Mencari informasi perumahan murah di internet cukup efektif untuk orang yang sibuk. Anda cukup mengetik kata kunci di mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan informasi dari situs-situs yang menyediakan perumahan murah.

Riset online seperti ini lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya daripada meninjau lokasi perumahan satu persatu. Situs RumahDimana.com misalnya selain dilengkapi dengan fitur pencarian yang lengkap seperti filter harga, lokasi, dan tipe rumah yang Anda inginkan, juga tersedia fitur peta mewah dan sederhana, memudahkan navigasi Anda menemukan rumah idaman.

(Baca juga : Perumahan dan Permukiman yang Inklusif, yang Lestari)

2. Mencari Informasi di Media Sosial

Pemilik properti, pengembang, dan penyalur kredit biasanya memanfaatkan media sosial untuk membagikan informasi karena saat ini media tersebut lebih mudah menjangkau calon pembeli. Untuk mendapatkan informasi yang valid, ikuti akun-akun resmi dari perusahaan properti atau pengembang.

Sama seperti riset di website, mencari informasi di media sosial juga lebih hemat waktu dan tenaga. Apalagi saat ini kegiatan pameran mungkin tidak diadakan karena terkait dengan protokol pandemi.

3. Beli Rumah Bersubsidi

Pemerintah menyediakan perumahan bersubsidi melalui Perumahan Nasional (Perumnas). Selain lebih murah, kualitasnya juga terjaga karena pembangunan dilakukan oleh pengembang yang telah dipercaya oleh pemerintah dan lokasinya juga cukup strategis.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh KPR bersubsidi yaitu mengajukan langsung ke BTN dengan membawa dokumen identitas serta slip gaji. Pastikan juga Anda mempunyai rekam jejak kredit yang baik dan belum pernah mempunyai rumah subsidi sebelumnya.

4. Pilih Perumahan Murah  di Daerah Penyangga

Dibandingkan rumah di ibukota Jakarta, rumah di daerah penyangga seperti Tangerang, Depok, Bogor, dan Bekasi umumnya lebih murah. Begitu juga di ibukota provinsi lain, daripada membeli rumah di Kota Yogyakarta tentunya rumah di daerah Sleman dan Bantul harganya lebih murah. Perlu cermat memilih perumahan yang dekat dengan akses transportasi massal. Keuntungan lain berupa lingkungan yang lebih asri dan kualitas udara lebih bersih.

(Baca juga : Ingin Mengikuti Lelang Rumah untuk Mendapatkan Hunian Idaman? Perhatikan 6 Hal Ini )

5. Dapatkan Informasi Program Perumahan Murah di Bank

Selain pengembang, bank juga dapat memberikan informasi terkait rumah murah. Beberapa bank memiliki program Kredit Pemilikan Rumah umumnya juga membuat acara lelang properti. Anda dapat menghubungi kenalan yang bekerja di bank untuk memperoleh informasi tentang lelang rumah murah karena biasanya bank tidak memberikan informasi ini secara terbuka kepada publik.

Perumahan murah atau terjangkau  di perkotaan biasanya mempunyai ciri-ciri lokasinya berada di pinggiran kota, dibangun di area yang masih berkembang, serta ukuran tanah dan rumahnya tidak terlalu luas. Rumah dengan ciri-ciri tersebut biasanya harga jualnya lebih murah dibandingkan yang lain. Selain itu lakukan negosiasi agar bisa mendapatkan rumah dengan harga paling terjangkau.

Meski harganya lebih murah, aspek legalitasnya juga harus dicermati. Membeli rumah tak sekedar  membeli produk fisiknya saja, namun yang tak kalah penting, status legal yang melekat padanya. Pastikan surat – surat kepemilikkan tanahnyavalid dan luangkan waktu untuk periksakan status nya ke BPN, satu- satunya lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan masalah pertanahan. Pastikan juga proses pengalihan haknya benar dan tak menyalahi aturan.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?