author
Call Us: +628581194219

Aparthouse vs. Apartemen: Apa Bedanya?

  • 8 bulan lalu
  • Tak Berkategori
  • 0

Aparthouse vs. Apartemen: Apa Bedanya?

Ketika Anda mencari tempat tinggal, Anda mungkin telah mendengar tentang dua pilihan populer: apartemen dan aparthouse. Kedua tipe hunian ini menawarkan kenyamanan dan kepraktisan, tetapi ada perbedaan yang perlu Anda pahami sebelum membuat keputusan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu aparthouse dan bagaimana perbedaannya dengan apartemen serta kekurangannya.

Aparthouse

Aparthouse adalah istilah yang mungkin masih asing bagi sebagian orang, terutama di beberapa negara. Konsepnya adalah kombinasi dari “apartment” (apartemen) dan “house” (rumah). Ini adalah jenis hunian yang menawarkan kenyamanan seperti apartemen, namun juga memberikan nuansa seperti tinggal di rumah. Aparthouse adalah sebuah bangunan yang terdiri dari beberapa unit hunian mandiri, seringkali dengan fasilitas yang lengkap, seperti dapur, kamar mandi, dan area tidur. Setiap unit ini biasanya lebih luas daripada apartemen biasa dan dilengkapi dengan ruang tamu yang lebih besar.

Perbedaan Antara Aparthouse dan Apartemen:

  1. Ukuran dan Tata Letak: Hunian ini biasanya cenderung lebih besar daripada apartemen. Mereka sering memiliki dua atau lebih kamar tidur, ruang tamu yang luas, dan fasilitas tambahan, seperti taman pribadi atau teras. Apartemen biasanya lebih kecil dan lebih padat.
  2. Keberadaan Fasilitas Bersama: Apartemen sering memiliki fasilitas bersama seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang komunal. Di sisi lain, aparthouse cenderung lebih independen dan tidak selalu menawarkan fasilitas bersama seperti itu.
  3. Durasi Sewa: Apartemen sering ditawarkan untuk disewa dalam jangka waktu yang fleksibel, mulai dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Aparthouse mungkin lebih cenderung untuk disewakan dalam jangka waktu yang lebih lama, mirip dengan penyewaan rumah pada umumnya.
  4. Kepemilikan dan Manajemen: Seringkali, apartemen adalah properti yang dimiliki oleh perusahaan manajemen properti besar, sementara aparthouse mungkin dimiliki oleh pemilik pribadi atau bisnis kecil. Hal ini dapat memengaruhi pengalaman Anda dalam hal layanan dan perawatan properti.
  5. Kemudahan Hidup Sehari-hari: Apartemen cenderung menawarkan layanan seperti pembersihan kamar, layanan resepsionis, dan perawatan lahan yang lebih sering. Karena pendekatan yang lebih mirip dengan rumah pribadi, hunian ini mungkin memerlukan lebih banyak keterlibatan mandiri dalam pemeliharaan dan kebersihan.
  6. Harga: Harganya cenderung lebih tinggi daripada harga apartemen sebanding karena ukuran dan fasilitas yang lebih besar. Namun, ini bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan kualitas properti.

Baca Juga: Definisi, Fungsi dan Maintanance dari Toren Air

Kekurangan Aparthouse

Namun, seperti semua jenis hunian, aparthouse juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk tinggal di sana. Berikut adalah beberapa kekurangan aparthouse:

  1. Harga Lebih Tinggi: Aparthouse cenderung lebih mahal daripada apartemen biasa. Ini disebabkan oleh ukuran yang lebih besar dan fasilitas yang lebih lengkap. Jadi, biaya sewa dan biaya hidup sehari-hari bisa lebih tinggi.
  2. Perawatan Mandiri: Di aparthouse, Anda mungkin perlu mengurus perawatan dan pemeliharaan properti sendiri. Ini termasuk pemeliharaan taman pribadi atau teras jika ada, serta pemeliharaan umum seperti perawatan taman dan fasilitas eksternal. Jika Anda tidak suka atau tidak punya waktu untuk melakukan ini, hunian satu ini mungkin bukan pilihan yang baik.
  3. Kemungkinan Keterbatasan Fasilitas Bersama: Sementara apartemen biasanya menawarkan fasilitas bersama seperti kolam renang, pusat kebugaran, dan ruang komunal, aparthouse mungkin tidak memiliki fasilitas semacam itu. Ini berarti Anda tidak akan memiliki akses mudah ke fasilitas tambahan yang biasanya tersedia di apartemen.
  4. Keterbatasan Lokasi: Lokasinya mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan atau preferensi Anda. Apartemen biasanya tersebar di berbagai area perkotaan, sementara aparthouse mungkin lebih terbatas dalam hal lokasi.
  5. Kurangnya Layanan Tambahan: Seringkali, apartemen menawarkan layanan seperti pembersihan kamar, layanan resepsionis, dan layanan perawatan lahan yang lebih sering. Di aparthouse, Anda mungkin perlu melakukan lebih banyak hal sendiri dan tidak akan mendapatkan layanan semacam itu.
  6. Keterbatasan Fleksibilitas dalam Sewa: Hunian ini cenderung lebih cenderung untuk disewakan dalam jangka waktu yang lebih lama, mirip dengan penyewaan rumah pada umumnya. Ini bisa menjadi kekurangan jika Anda mencari fleksibilitas dalam durasi sewa.
  7. Pemeliharaan yang Lebih Berat: Karena ukurannya yang lebih besar, pemeliharaan aparthouse mungkin memerlukan lebih banyak usaha dan biaya. Ini termasuk membersihkan, merawat taman, dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Kekurangan-kekurangan ini perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan untuk tinggal di aparthouse. Pilihan hunian terbaik akan tergantung pada preferensi pribadi Anda, anggaran, dan kebutuhan hidup sehari-hari Anda.

Kesimpulan:

Rumah apartemen dan apartemen konvesional adalah dua jenis hunian yang menawarkan pengalaman tinggal yang berbeda. Pilihan antara keduanya akan tergantung pada preferensi pribadi Anda, anggaran, dan kebutuhan hidup sehari-hari Anda. Penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing opsi sebelum membuat keputusan. Sebelum Anda memutuskan, pertimbangkan untuk mengunjungi beberapa properti dan mendiskusikan detail sewa dengan pemilik atau manajemen properti untuk memastikan Anda membuat pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan