Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

5 Faktor yang Mempengaruhi Sewa Apartemen

sewa apartemen

5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Sewa Apartemen

Sewa apartemen menjadi pilihan banyak orang yang bermukim di kota – kota besar. Di lingkungan perkotaan, tempat tinggal berupa apartemen cukup diminati. Pasalnya, jenis hunian ini memberikan kenyamanan yang lebih dibandingkan lainnya. Mencari apartemen baru bisa jadi proses yang sangat mengasyikkan, namun juga bisa jadi merepotkan.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat menyewa apartemen. Sementara berbagai faktor pribadi juga perlu dipikirkan sebelum perjanjian sewa ditandatangani— mulai dari keteraturan chash-flow  Anda hingga urgensi perpindahan — mengetahui tahun kapan untuk mulai berburu sewa dapat membantu Anda mendapatkan kesepakatan yang lebih baik. Yang jadi soal, real estat market cenderung bersifat siklus dan musiman.

Oleh karena itu, apartemen dapat menjadi alternatif tempat tinggal sementara ketika Anda harus tinggal di sebuah kota selama beberapa minggu atau bulan.  Bisa juga jadi pilihan ketika ingin tinggal di apartemen tetapi belum mampu membelinya.

Sebelum mencari apartemen untuk disewa, cari tahu dulu harganya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi harga sewanya. Seperti halnya rumah, apartemen juga dapat dihuni dengan harga sewa apartemen yang bervariasi. Dalam hal ini , ada pertanyaan yang penting buat diri sendiri :   “Berapa banyak yang harus saya keluarkan untuk sewa?” dan “Berapa harga sewa yang bisa saya bayar?” Pertanyaan ini jadi kunci sukses  dalam  mencari apartemen.

(Baca juga: Masih Ragu Membeli Rumah Subsidi? Simak Dulu 6 Keuntungannya Ini)

Jadi berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk sewa? Pedoman paling umum untuk menyewa ialah menghabiskan sekitar 30% dari pendapatan kotor bulanan Anda, yaitu gaji Anda sebelum diambil pajak, untuk sewa. Jika ternyata pembayaran sewa Anda melebihi 30% yang direkomendasikan dari pendapatan kotor Anda, berarti Anda tergolong ‘cost-burdened’ atau terbebani biaya.

Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi harga sewa sebuah apartemen, yaitu:

1. Lokasi Apartemen

Semakin dekat lokasi apartemen dengan fasilitas publik, sarana transportasi umum, dan perkantoran, harga sewanya semakin tinggi. Hal ini terkait dengan harga apartemen di lokasi tersebut. Untuk Jakarta, misalnya. Harga sewa tertinggi dimiliki oleh apartemen-apartemen di kawasan elit seperti Setiabudi, Kemang, Sudirman CBD, Mega Kuningan, Kebayoran Baru, dan Menteng.

(Baca juga : Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut)

2. Ukuran Luas Menentukan Harga Sewa Apartemen Murah

Ukuran luas bangunan akan berdampak pada harga sewanya, termasuk apartemen. Luas apartemen mewah umumnya 2-3 kali lipat ukuran apartemen menengah. Sudah tentu harga sewa per tahun lebih mahal dibandingkan apartemen biasa. Pastikan Anda memilih apartemen dengan luas yang sesuai dengan jumlah penghuni.

3. Fasilitas dan Isi Apartemen

Fasilitas dan isi apartemen juga mempengaruhi harga sewanya. Apartemen dengan minimarket, laundry, dan kolam renang, sewanya lebih mahal dari apartemen tanpa fasilitas tersebut.  Begitu pula dengan furnitur dalam unit apartemen, yang isinya lengkap tentu lebih tinggi dibandingkan apartemen yang disewakan dalam keadaan kosong.

4. Perhitungan Capital Rate

Capital rate merupakan tingkat kapitalisasi yang dihitung dari harga apartemen ditambah keuntungan penyewaan yang diperoleh pemilik setiap tahun. Rata-rata nilai untuk apartemen yaitu 7%-10% sesuai dengan lokasi dan harga beli apartemen. Dari hasil perkalian harga apartemen dengan capital rate, akan didapat patokan harga sewa per tahun apartemen tersebut.

(Baca juga : 6 Keuntungan Beli Apartemen Second : Pertimbangan untuk Anda )

5. Asuransi Apartemen

Pemilik apartemen umumnya diwajibkan membayar biaya asuransi oleh pengembang. Asuransi apartemen tersebut termasuk segala kerugian karena faktor eksternal seperti bencana alam, kerusuhan, kebakaran, hingga pengrusakan. Di samping itu, asuransi untuk rumah dan apartemen juga termasuk barang-barang yang ada di dalam unit apartemen tersebut. Dengan demikian, harga sewa apartemen semestinya sudah termasuk biaya asuransi oleh pemilik dan penyewa juga akan memperoleh perlindungan untuk barang-barang pribadi dalam apartemen tersebut.

Setelah mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi harga sewa apartemen, Anda dapat membuat perkiraan sendiri dari bujet yang ada cukup untuk menyewa apartemen seperti apa. Namun, Anda juga perlu membuat perbandingan harga sewa beberapa apartemen yang sejenis sebelum menentukan pilihan.

 

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?