author
Call Us: +628581194219

Tips Mencari Perumahan Murah yang Ideal dan Berkualitas Huni

  • Admin oleh Admin
  • 5 tahun lalu
  • Tak Berkategori
  • 0
perumahan murah

Tips Mencari Perumahan Murah yang Ideal dan Berkualitas Huni

Saat ini pilihan hunian jauh lebih beragam dari pada dahulu. Jika sebelumnya kita hanya ditawarkan rumah, maka kini banyak developer yang turut menawarkan apartemen juga rumah tapak di  perumahan sebagai hunian bagi profesional dan keluarga. Membeli rumah tentu tidak sekedar membeli bangunan fisik, ada ‘right’ atau kejelasan hak kepemilikkan yang melekat pada rumah tersebut.  Selain harganya berbeda – beda, Masing-masing hunian memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Jangan juga dilupakan , mencari perumahan murah adalah juga membeli lingkungan: lingkungan yang baik, sehat serta dinamis yang mendukung aktivitas kita. Kriteria yang terakhir ini sepertinya amat cocok untuk rumah berlokasi di perumahan.

It takes a village to raise a child

– Peribahasa Afrika

 

Tinggal di lingkungan perumahan memiliki banyak keuntungan, seperti lingkungan yang aman dan strategis. Demi mewujudkan keinginan tersebut, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menemukan perumahan yang ideal. Tidak sulit untuk menemukannya, karena kini ada banyak sekali hunian yang ‘by design’  dibangun secara ideal untuk memenuhi ekspektasi banyak orang.

(Baca juga: Kebijakan Perumahan : Haluan Baru Menjawab Tantangan)

Karakteristik lingkungan mempengaruhi persepsi orang tua terhadap lingkungan tersebut, mempengaruhi pula sejauh mana anak – anak berperilaku di lingkungan. Penelitian juga membuktikan bahwa seiring lamanya seorang anak hidup di lingkungan perumahan (hunian) yang baik, maka pendapatan orang dewasa yang tinggal disana pun ikut meningkat (Habitat for Humanity, 2017).  Sebaliknya lingkungan hunian yang tidak baik dipandang sebagai sumber stress utama bagi anak – anak.

Tips Cari Perumahan yang Ideal

Tinggal di permukiman yang bagus merupakan impian semua orang. Namun, karena salah pilih, beberapa orang justru terjebak dengan kompleks permukiman yang tidak ideal, apalagi mencari komplek perumahan yang masih terjangkau harganya.

Agar Anda tidak mengalami kejadian serupa, pahami tata cara mencari permukiman ideal di bawah ini:

  1. Survei Lokasi , Membangdingkan Harga Perumahan Murah

Kita perlu melakukan  semacam riset kecil kecilan, untuk memastikan lokasi yang ditarget sesuai dengan yang  kita kehendaki, perumahan murah yang mnasih masuk dalam kriteria kelayakan ,  setidaknya tidak terlalu meleset dari harapan. Dengan asumsi bahwa kita belum familiar sebelumnya dengan lokasi tersebut.

Bagaimana lingkungan rumah tergambar di kertas, dengan apa yang anda benar – benar rasakan saat berada di sana tidak lah selalu sama. Kunjungi lokasi, survei tidak sekali tetapi  berkali – kali. Beberapa hal kecil mungkin bisa menjadi ganjalan: penerangan malam yang kurang, bagaimana sampahnya dikelola, penutup got tak memadai,  tak ada tempat memutar mobil misalnya. Periksa jika memang rasanya tidak sreg, dus, tidak memenuhi selera anda, meskipun data statistiknya terlihat bagus.

(Baca juga : Perumahan dan Permukiman yang Inklusif, yang Lestari)

Cermati  juga bayangan yang anda bawa dan rasa bagaimana bertetangga di lokasi yang baru. Apakah kita cukup nyaman hidup bertetangga di sana. Apakah cocok dengan gaya berinteraksi warga di sana, dengan kebiasaan kebiasaan di lingkungan hunian yang baru. Dengan kata lain, apakah warna lingkungannya senada dengan frekuensi anda? Kunjungi lokasi saat siang dan malam. Karena suasananya bisa jadi amat berbeda. Tanya orang – orang yang lama sudah familiar disana, termasuk pemilik toko, warung dan petugas keamanannya.

 2. Mengikuti Media Sosial Penawaran Properti

Social media yang marak saat ini, tidak hanya berisi postingan aktivitas sehari-hari tapi juga mengandung banyak informasi penting. Salah satunya adalah informasi menarik tentang penawaran dan promosi properti. Melalui social media tersebut, Anda bisa mencari perumahan yang bagus dan ideal. Referensi juga bisa ditemukan di ulasan yang dibuat oleh penghuni di perumahan tersebut.

Media sosial juga berguna bagi Anda untuk membuat list (daftar) perumahan yang diincar. Anda perlu punya list cukup banyak , untuk kemudian dipilih 10 yang terbaik. Untuk kemudian disurvai 3 yang teratas.

3. Sering Mengikuti Pameran Properti

Jika malas memantau social media, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti berbagai pameran property. Saat mengikuti pameran, kita bisa menemukan banyak sekali pengembang perumahan yang menawarkan harga diskon untuk kompleks hunian yang mereka tawarkan.

Pilih perumahan yang paling mendekati kriteria kualitas hunian idaman Anda, cermati juga rekam jejak pengembangnya. Sejauh mana komitmennya serta bagaimana kondisi proyek yang sudah ada dan telah berjalan.

4. Mendapatkan Informasi Program Permukiman Di Bank

Sebagai pengelola keuangan nasabah, bank juga menawarkan banyak program yang bermanfaat termasuk program permukiman. Program yang ditawarkan oleh bank umumnya jauh lebih terjangkau karena telah disubsidi.

Jika Anda berencana untuk memiliki hunian secepatnya tapi minim modal, silahkan pilih bank yang tepat dengan penawaran program permukiman ideal.

5. Mencari Perumahan Murah dengan Mengunjungi Website Jual-Beli Properti

Cara paling mudah yang bisa kita usahakan saat mencari perumahan murah namun cukup  ideal adalah mengunjungi berbagai website terpercaya yang khusus menawarkan program jual-beli property. Dengan demikian Anda bisa langsung melakukan perbandingan harga, terkait lokasi dan kualitas bangunan misalnya . Portal properti  RumahDimana.com memberikan informasi mendalam tentang perumahan favorit, serta fitur yang memberikan  kemudahan untuk memilah dan membandingkan termasuk menindaklanjuti ke proses transaksi.

Ada banyak fitur yang ditawarkan, mulai dari harga, fasilitas hingga lokasi hunian perumahan.

6. Setelah Menemukan Langsung Hubungi Pengembang

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang terlambat mendapatkan perumahan ideal adalah keraguan. Ketika sudah menemukan satu lingkungan perumahan yang bagus, dan dirasa cocok maka segera hubungi pihak pengembang. Jika perlu, lakukan janji temu agar Anda bisa langsung melakukan negosiasi. Jangan lupa perhatikan pula kelengkapan perijinan (pertelaan, IMB, SLF) serta dokumen kepemilikkan yang Anda pegang.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, sangat memungkinkan jika Anda akan mendapatkan perumahan yang ideal. Dan bila beruntung, Anda akan mendapatkannya dengan harga yang lebih murah.

Tim RumahDimana.com , Juli 2019

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan