Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Cara Mendapatkan Harga Sewa Apartemen Murah

Harga Sewa Apartemen

Cara Mendapatkan Harga Sewa Apartemen Murah

Tinggal di kota besar, apartemen bisa jadi pilihan karena memiliki berbagai fasilitas dan tersedia dalam berbagai tipe sesuai kebutuhan. Jenis hunian ini pun cocok untuk ditinggali sendiri, bersama teman-teman, maupun bersama keluarga. Meski secara umum harga sewa apartemen saat ini tidak murah, harga sewa apartemen biasanya hanya terjadi saat terjadi konstraksi ekonomi atau bakkan resesi, sehingga sisi permintaan dari sewa apartemen pun ikut anjlok. Harga sewa apartemen juga bisa turun di tengah situasi melimpahnya pasokan apartemen sewa. Dengan kata lain, pengembang membangun terlalu banyak apartemen sewa.

Namun di sisi lain, Anda masih bisa melakukan beberapa cara untuk mendapatkan apartemen yang harga sewanya terjangkau seperti berikut ini.

1. Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Untuk mendapatkan apartemen yang sewanya murah, sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Lihat apartemen lain yang lokasi dan kualitas nya sebanding. Hal yang harus Anda perhatikan yaitu mulai dari lokasi, fasilitas, hingga ada atau tidaknya perabotan di dalamnya. Buatlah rangkuman hasil riset agar Anda dapat membandingkannya dengan mudah. Riset bisa dilakukan dengan memanfaatkan portal pencarian properti yang di dalamnya terdapat fasilitas filter pencarian berdasarkan lokasi, fasilitas, dan bujet yang Anda alokasikan.

(Baca juga : 5 Cara Jual Properti Online untuk Pemula yang Terbukti Efektif )

2. Hindari Lokasi Strategis

Harga Sewa Apartemen
credit:craiyon.com

Lokasi apartemen strategis tentu harganya lebih mahal dibandingkan yang ada di pinggiran. Sebaliknya, jika lokasinya kurang strategis harga sewanya pasti lebih murah. Namun, jika memilih lokasi yang tidak strategis, Anda harus siap dengan aksesibilitas yang kurang. Misalnya, jauh dari perkantoran dan sekolah, pusat perbelanjaan, serta sarana transportasi publik.

3. Perhatikan Fasilitasnya    

Pilihlah apartemen dengan fasilitas standar. Meskipun harga sewa yang ditawarkan murah, pastikan memiliki fasilitas dasar yang memadai. Contohnya lahan parkir, fasilitas olahraga, dan tempat berbelanja.

4. Pilih Tipe Apartemen Kecil

Semakin besar apartemen, harga sewanya semakin tinggi. Pilihlah apartemen berukuran kecil jika Anda ingin tinggal di sana sendiri atau hanya bersama pasangan. Tentunya ukuran harus disesuaikan dengan jumlah orang yang akan tinggal di sana.

(Baca juga : Tips Jual Beli Rumah di Media Sosial Cepat Laku dan Aman )

5. Membayar Sewa Secara Tahunan

Harga sewa apartemen dapat lebih murah jika dibayar secara tahunan. Ini dapat Anda pilih jika akan tinggal di sana dalam waktu lama. Meskipun selisihnya tidak terlalu banyak jika membayar secara bulanan, uang itu dapat Anda gunakan untuk keperluan lain seperti membeli perabot atau tabungan untuk bayar sewa tahun berikutnya. Akan tetapi, Anda perlu menanyakan dulu kepada pemilik apakah mereka menyediakan pilihan pembayaran sewa tahunan atau tidak.

6. Tinggal bersama

Berbagi satu apartemen dengan beberapa orang bisa jadi pilihan terbaik untuk memperoleh harga sewa apartemen murah. Selain biaya sewa, biaya lain seperti air, listrik, dan bahan makanan dapat ditanggung bersama. Carilah teman yang dapat diajak tinggal bersama dalam satu apartemen agar dapat berbagi biaya sewa. Akan tetapi, perlu diingat bahwa jumlah orang yang bisa Anda ajak tergantung kapasitas apartemen serta harus memilih teman serumah yang cocok dan saling memahami.

(Baca juga : Ini Alasan Mengapa Beberapa Artis Memilih Tinggal di Rumah Kontrakan  )

7. Minta Nego Harga

Harga Sewa Apartemen
credit:craiyon.com

Last but not least, ada satu cara efektif untuk mendapatkan sewa apartemen murah. Minta nego harga. Simply ask them. Banyak pemilik apartemen menceritakan apa yang dialaminya, setelah mereka pasang iklan :  apartemennya untuk disewakan, cukup sering calon penyewa  tidak mempertanyakannya lagi. Rahasianya adalah, Jika calon penyewa mengirim email dan menghubunginya minta nego harga, tentu pemilik akan senang mempertimbangkannya. Ini pertanda si prospek penyewa punya minat serius. Dan pembatalan biasanya jadi lebih mahal dibanding  hal – hak yang diminta oleh prospek penyewa.

Ketujuh  cara di atas dapat Anda lakukan demi mendapatkan harga sewa apartemen yang terjangkau. Bagaimana pun pilihan apartemen Anda, pastikan keadaannya layak dan nyaman untuk ditinggali dan tidak sekadar murah saja.

 

 

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?