Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Ide Desain Rumah 3 Kamar Mewah Minimalis

Ide Desain Rumah 3 Kamar Mewah Minimalis

 

Tempat tinggal yang minimalis idealnya tetap bisa membuat semua penghuni merasa nyaman dan lega. Baik untuk istirahat, menerima tamu, dan menjadi tujuan terbaik untuk pulang. Rumah 3 kamar dapat didesain dengan memaksimalkan lahan yang tersedia agar setiap ruang yang diciptakan terasa luas dan berfungsi maksimal.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat Menyusun desain rumah 3 kamar yang dapat dijadikan referensi. Yaitu terkait banyaknya ruang yang ingin dibangun. Karena semakin banyak ruang, semakin banyak sekat yang harus diciptakan dan ini mengurangi luas secara keseluruhan.

Prinsip Desain Rumah 3 Kamar

Untuk memaksimalkan fungsi setiap ruang, Anda dapat membuat sekat yang berfungsi ganda. Jadi pemisah antar ruang tidak hanya berfungsi sebagai pemisah, tapi juga dapat digunakan sebagai ruang penyimpanan dan pembatas privasi. Berikut hal yang harus diperhatikan saat menyusun desain:

(Simak artikel lainnya : Hal Yang Harus Dipersiapkan oleh  Desainer Interior Rumah )

a)      Utamakan akses dan fungsi

Akses berarti jalan yang menghubungkan satu ruang dengan ruang lain. Pastikan akses menuju kamar, kamar mandi, dapur, dan ruang lain tidak sulit atau merepotkan. Artinya, jangan terlalu banyak liku yang harus dilalui untuk mencapai ruang publik. Liku dalam desain ruang hanya akan menghabiskan tenaga dan ruang yang tersedia.

Beberapa inspirasi rumah 3 kamar yang dapat Anda terapkan diantaranya adalah: pertama, ketiga kamar menghadap taman samping dengan jendela kaca yang lebar. Kedua, selain kamar inti, tidak perlu ada kamar mandi dalam dan diletakkan berhadapan dengan sisi pintu berbeda. Hal ini akan membantu menjaga privasi masing-masing penghuninya.

Ketiga, usahakan jarak terdekat antara ketiga kamar dengan ruang publik seperti dapur, ruang makan, ruang bersama, dan kamar mandi. Usahakan untuk tidak mengatur salah satu kamar terpencil dari ruang bersama, agar kebersamaan keluarga dapat dengan mudah diciptakan setiap hari.

b)     Ciptakan sumber cahaya yang efisien

Sumber cahaya terbaik saat siang hari adalah berasal dari matahari dan luar ruangan. Sementara untuk malam hari, Anda dapat menggunakan lampu listrik berbagai ukuran, bentuk dan warna. Untuk membuat sumber cahaya efisien terutama di siang hari, Anda dapat menggunakan jendela yang lebar, atap transparan, atau dinding kaca di sudut kamar.

Semakin banyak cahaya yang bebas masuk ke dalam rumah saat siang hari, akan semakin baik untuk sirkulasi udara dalam ruangan. Apalagi jika di sekitar rumah berbagai macam tumbuhan menjadi hiasan atau dimanfaatkan sebagai sumber pangan.

Jika ruangan terkesan pengap dan tertutup, selain dapat berakibat buruk pada penrnapasan penghuninya, juga mudah meningkatkan stress. Oleh karena itu sebaiknya setiap desain rumah mempertimbangkan akses cahaya alami sehingga saat siang hari tidak perlu boros listrik.

Demikian beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan saat membuat desain Rumah 3 kamar. Manfaatkan setiap jengkal lahan yang tersedia untuk membuat fungsi rumah bekerja maksimal. Jika suatu saat rumah satu lantai dengan 3 kamar terasa lebih sempit, maka bangunan bisa ditambah lantai 2 dan selanjutnya agar lebih luas.

(Simak artikel lainnya : Tips Membuat Rumah Tingkat Minimalis  )

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?