Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

5 Tips Aman Transaksi Online di Situs Jual Beli Rumah

5 Tips Aman Transaksi Online di Situs Jual Beli Rumah

Membeli rumah di era digital kini semakin mudah. Pembeli rumah yang modern memilih menggunakan internet dan media online sebagai medium untuk memilih properti yang tepat bagi mereka. Berkat bantuan teknologi, info jual beli rumah bisa kita akses secara praktis lewat perangkat smartphone saja. Ya, saat ini tersedia banyak situs jual beli rumah yang menawarkan iklan properti dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan menggunakan situs jual beli rumah online, membantu kita menemukan properti yang kita cari dengan lebih cepat dan mudah, dibandingkan dengan metode konvensional. Ini tentunya banyak membantu kita yang disibukkan dengan padatnya jadwal kita sehari – hari. Apapun permintaan spesifik Anda, Anda dapat dengan mudah log-in dan mulai mencari properti yang sesuai permintaan Anda, juga cocok dengan kebutuhan dan harga yang Anda cari.

(Baca juga : 5 Tips Aman Transaksi Online di Situs Jual Beli Rumah   )

Hanya saja, di balik kemudahan yang ditawarkan, ada beberapa kekurangan yang kerap menjadi kendala. Salah satunya adalah masalah keamanan. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips yang akan membantu Anda untuk tetap aman saat membeli rumah di situs online.

 

1. Teliti saat Membaca Iklan Jual Beli Rumah

Kedua, telitilah saat membaca iklan dari rumah yang akan dijual. Sebuah situs atau website umumnya berperan sebagai pihak ketiga. Mereka hanya memfasilitasi pihak penjual agar bertemu dengan pihak pembeli. Dalam hal ini, benar tidaknya info yang diiklankan akan tergantung pada pihak penjual.

Oleh karena itu, cobalah untuk lebih teliti dan jangan segan untuk bertanya kepada penjual rumah. Beberapa hal yang mungkin penting ditanyakan antara lain kondisi rumah, kerusakan, lingkungan sekitar, dan lain-lain.

Situs properti yang baik membantu Anda dengan menampilkan listing secara lebih  terorganisir, dan membuatnya mudah menavigasi berbagai jenis, ukuran , lokasi dan harga propertinya.

2. Pastikan Memilih Situs Jual Beli Terpercaya

Sebelum membeli aset properti secara online, hal pertama yang wajib dilakukan adalah memastikan kredibilitas situs yang Anda pilih. Pastikan bahwa situs pilihan punya kredibilitas yang baik, khususnya saat memfasilitasi para pencari rumah. Situs yang bisa memberikan informasi yang lengkap dan detail tentang properti yang available untuk dijual atau  disewakan,

Misalnya, situs haruslah memberi info yang lengkap terkait aset yang dijual, termasuk lokasi, akses info, harga, dan lain-lain. Selain itu, info tersebut harus benar dan jelas agar memberi kepastian kepada calon pembeli rumah.

3. Wajib Survey Langsung 

Setelah mendapatkan pilihan terbaik di situs jual beli rumah, langkah penting yang wajib dilakukan adalah melakukan survey. Sebenarnya, jika ingin melihat lokasi atau gambaran rumah secara umum, kini bisa memanfaatkan Google Street View. Hanya saja, datang langsung ke lokasi rumah tetap penting dilakukan. Hal ini demi memastikan bahwa Anda akan mendapat gambaran nyata akan kondisi rumah sebenarnya.   Sebab gambar internet  di layar komputer atau telepon tidak memberikan perspektif yang sebenarnya. : berapa lebar sebenarnya rumah yang kita incar, atau berapa lebar jalan di depan rumah.

Di situs properti online, kita bisa langsung kontak dengan agen atau penjual, untuk janjian survey di lapangan. Dengan melakukan survey, proses pengambilan keputusan pun jadi lebih mudah. Anda tinggal menyesuaikan info yang tertera pada situs dengan kondisi rumah di lokasi. Jika semuanya sudah oke, maka tinggal melanjutkan ke tahapan negosiasi.

4. Pastikan Legalitas Rumah Aman

Saat melakukan survey, Anda pun dapat melakukan cross-check atas legalitas rumah yang dipilih. Rumah yang lega pasti memiliki surat-surat yang lengkap. Status bangunannya pun jelas sehingga tidak menimbulkan sengketa di kemudian hari. Jika perlu, lakukanlah pemeriksaan sertifikat bangunan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mendapat status yang lebih jelas.

(Baca juga : Cari Rumah Dijual dengan Harga Murah? Platform Online Solusinya!   )

5. Percaya kepada Pemilik

Yang menjadi tantangan utama dalam pencarian properti online, di banyak negara berkembang termasuk di Indonesia adalah untuk bisa percaya kepada pemilik (owner) yang menjual rumah atau properti miliknya. Ada kemungkinan perubahan komitmen atau hal yang dijanjikan saat pertama kali kontak dilakukan sampai saat terakhir nego harga, apalagi jika rekam percakapan yang ada ternyata tidak memadai. Situs pencarian properti online seperti Rumahdimana,com menyediakan fitur chat langsung dengan WA yang membantu Anda mencatatkan setiap percakapan yang terjadi, termasuk data update dan komitmen dari kedua pihak, pembeli dan penjual. Rumahdimana.com cara paling mudah dan fun  menemukan properti idaman.

Intinya, meski banyak kemudahan yang ditawarkan, bertransaksi di situs jual beli rumah tetap harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, keamanan dalam menjual atau membeli properti sangat penting supaya Anda terhindar dari kerugian yang disebabkan oleh tidak adanya sistem keamanan dalam situs yang dipilih.

 

 

 

 

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?