Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Tips Membangun Rumah Minimalis Sederhana Hemat Bujet

Viral Membuat Rumah Minimalis Sederhana Rp70 Juta, Bagaimana Teknis Pembangunannya?

Di zaman serba mahal ini, semua yang terlihat murah pasti akan cepat viral, tak terkecuali biaya pembuatan sebuah rumah. Baru-baru ini jagad maya heboh dengan kreator konten yang menyebut hanya menghabiskan Rp70 juta untuk membangun rumah minimalis sederhana.

Rumah Minimalis Sederhana Viral

Dalam video di TikTok-nya, pemilik akun Wak Jon Komedi menyebut dia tak menentukan bujet khusus dan hanya bermodal nekat. Dari rincian biaya yang ditampilkan, terlihat tak ada biaya upah untuk tukang yang membangun rumah.

Hal ini lantaran pembangunan rumah berukuran 9×6 meter tersebut dikerjakan sendiri bersama sang paman. Di samping itu, biaya tanah juga tidak masuk anggaran karena tanah tempat bangunan didirikan merupakan pemberian orang tua.

(Baca Juga Artikel lainnya : Ide Desain Rumah 3 Kamar Mewah Minimalis )

Tips Membangun Rumah Minimalis Hemat Bujet

Meski sudah dijelaskan, banyak warganet yang kagum dengan caranya membuat rumah dengan biaya yang terbilang kecil untuk rumah minimalis. Lalu, bagaimana membangun rumah minimalis sederhana yang hemat bujet? Simak tips berikut ini.

1. Pilih Tipe Rumah Sesuai Anggaran dan Kebutuhan

Menentukan anggaran sangat penting untuk menjamin keberhasilan proyek pembangunan rumah. Mulailah dengan merencanakan ukuran tanah dan bangunan, bentuk rumah, hingga waktu pengerjaan. Selanjutnya, tentukan tipe rumah sesuai bujet dan kebutuhan Anda. Sebaiknya sesuaikan dengan anggaran nyata berdasarkan data, bukan hanya perkiraan.

2. Survei Harga Bahan Bangunan

Lakukan survei harga bahan bangunan yang Anda perlukan dari beberapa toko termasuk biaya pengangkutannya. Sebab, setiap toko biasanya memberlakukan harga yang berbeda-beda. Dari survei tersebut Anda bisa membuat perbandingan harga dan memilih mana yang masuk bujet. Selanjutnya catat material yang diperlukan beserta nama toko yang Anda pilih seperti pasir, semen, cat, dan keramik untuk memudahkan membelinya nanti.

3. Pilih Material Berkualitas dan Murah

Bahan bangunan berkualitas tidak selalu mahal. Sebaliknya, yang mahal pun belum tentu kualitasnya terjamin. Untuk mengetahui mana material yang terbaik, Anda bisa bertanya langsung ke toko bahan bangunan, meminta pendapat dari tukang, atau mencari testimoni orang yang pernah menggunakan bahan tersebut. Misalnya jenis kayu, merek cat, atau material dari bahan tertentu yang ingin Anda ketahui.

(Baca Juga Artikel lainnya : Cara Cek Harga Tanah Murah Anti Rugi)

4. Menentukan Desain Rumah Minimalis

Agar hemat bujet, tentukan desain rumah yang minimalis. Rumah minimalis sederhana bisa lebih hemat bahan bangunan karena tidak memerlukan banyak ruangan. Untuk rumah jenis ini, umumnya menggunakan konsep multifungsi, seperti ruang tamu sekaligus ruang keluarga dan ruang makan yang menyatu dengan dapur. Di samping itu, rumah minimalis juga tidak memerlukan banyak ornamen seperti ukiran, pilar, dan corak pada dinding.

Selain empat tips membuat rumah minimalis sederhana di atas, ada yang perlu Anda perhitungkan lagi yaitu tukang bangunan. Agar lebih hemat sebaiknya pilih jasa tukang borongan supaya biaya upahnya bisa ditentukan sejak awal dan tidak membengkak.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?