Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Rumah Baru

Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Hakikatnya, rumah adalah sebuah kebutuhan pokok. Namun pemenuhannya sekarang memang terbilang susah-susah gampang. Tidak bisa dimungkiri bahwa saat ini harga properti cenderung terus meningkat dan semakin mahal. Dari sisi permintaan ada kebutuhan 14 juta unit rumah yang harus dipenuhi, dan angka nya terus bertambah dari tahun ke tahun. Sementara dari sisi pasokan, cukup banyak model perumahan yang ditawarkan termasuk paket pembiayaan rumah dengan berbagai kemudahan. Meski belum bisa mengimbangi tingginya kebutuhan rumah.

Jika Anda hendak atau akan membeli rumah baru, baiknya Anda perhatikan hal-hal berikut.

Apa Saja yang Perlu Dicek Sebelum Membeli Rumah Baru?

Tempat atau Lokasi

Hal pertama yang harus dipastikan tentunya adalah lokasi dari rumah tersebut. Jika ingin mencari harga rumah yang terbilang murah, Anda bisa mencari lokasi yang jauh dari pusat kota. Survei langsung ke lokasi diperlukan ini juga sekaligus mengecek apakah rumah yang ditawarkan sama dengan fotonya pada brosur. Yang terpenting, survei lokasi juga bisa membantu Anda untuk menentukan kesesuaian bujet dengan harga hunian. Lokasi yang tepat juga terkait erat dengan nilai rumah. Fitur peta interaktif di portal properti RumahDimana.com banyak membantu Anda menemukan rumah di lokasi idaman, dengan harga sesuai kisaran Anda.

(Baca juga : Ingin Mengikuti Lelang Rumah untuk Mendapatkan Hunian Idaman? Perhatikan 6 Hal Ini)

Reputasi Pengembang

Reputasi pengembang selama pengerjaan proyeknya tentu sangat penting. Jika Anda memilih pengembang baru, hindari pembelian dalam bentuk pre project selling. Hal tersebut untuk menghindarkan Anda dari kemungkinan penipuan.

Dapatkan testimoni dari pembeli terkait produk rumah pengembang itu. Ini bisa  didapat melalui pencarian di internet. Bagaimanapun pembelian rumah itu melibatkan uang yang tidak sedikit, sehingga mesti cermat dalam membuat keputusan, dengan perencanaan yang hati – hati.

Perizinan

Tidak kalah penting, perizinan rumah juga harus dipastikan tidak bermasalah. Pastikan juga harga rumah itu apakah sudah termasuk berbagai biaya administrasi,seperti PPN 10%, SHGB, atau biaya Akta Jual Beli (AJB). Mendapatkan kopi sertipikat dari rumah yang diincar amatlah mungkin dilakukan. Hal ini juga memberi pesan pada penjual bahwa Anda benar – benar serius.

Disiplin Atur Keuangan dan Siapkan Biaya Tak Terduga

Pastikan properti baru yang akan dibeli telah sesuai dengan anggaran yang ditetapkan sebelumnya. Hanya focus pada properti yang memang mampu Anda beli. Selain memikirkan untuk membayar uang muka dan cicilan, biaya tak terduga juga harus diperhitungkan. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan memangkas pengeluaran yang tidak penting.

Membeli properti adalah hasil dari proses, dan seringkali proses yang amat panjang. Anda perlu mengatur pengeluaran bulanan serta menyiapkan keuangan Anda untuk pembelian rumah, agar tidak terlalu membebani keuangan Anda ke depannya. Jika pembelian dilakukan melalui kredit bank, maka pastikan proses pembayaran hutangnya bisa lancar. Cicilan KPR baiknya tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan.

Tips Penting Ketika Menempati Hunian Baru

a.      Membeli Rumah Baru Artinya Mengurus surat-surat penting

Hal utama yang harus sudah dibereskan ketika memiliki rumah baru adalah sertifikat tanah dan PBB sudah atas nama Anda. Kelengkapan dokumen PBB ini akan memudahkan Anda mengetahui riwayat pajak rumah yang akan Anda beli. Simpan semua dokumen penting itu di tempat yang aman dan mudah diingat ya.

b.      Pilah-pilih barang yang akan dipindahkan

Tidak semua barang harus Anda bawa ke hunian baru. Beberapa barang yang tidak terpakai bisa Anda jual lagi, berikan ke orang lain, atau sebagainya. Terlalu banyak barang di rumah tentu bisa membuat rumah menjadi sesak dan kurang nyaman, bukan?

c.      Menata letak perabotan

Sebelum menata letak berbagai perabotan Anda, ada baiknya Anda mencari dulu referensinya agar lebih mudah. Adanya referensi itu juga membuat waktu Anda semakin efektif untuk mengatur dekorasi rumah.

(Baca juga : Rumah Sederhana: Simpel dan Elegan)

d.      Saatnya bersih-bersih

Jika semua perabotan sudah tertata rapi, saatnya untuk membersihkan hunian baru Anda. Bukalah semua pintu dan jendela agar sirkulasi udara berjalan dengan baik. Sirkulasi yang sehat dan pencahayaan matahari yang baik amatlah penting, apalagi di tengah meluasnya ancaman pandemi seperti sekarang ini.  Untuk kebersihan yang lebih terjamin, bisa gunakan air hangat ketika mengepel. Apabila Anda ingin rumah semakin nyaman ditempati, bisa menambahkan pengharum ruangan.

e.      Berkenalan dengan lingkungan sekitar

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika pindah ke hunian baru adalah berkenalan dengan lingkungan sekitar. Bagaimanapun, tetangga baru merupakan orang terdekat yang sewaktu-waktu mungkin Anda butuhkan bantuannya. Anda tentunya perlu survai ke rumah yang diincar. Lakukan ini lebih dari sekali, pagi dan malam hari misalnya. Cari tahu dari pemilik warung sekitar misalnya , apakah pernah terjadi banjir, seberapa besar, bagaimana kondisi keamanannya dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus mencari informasi mengenai berbagai fasilitas umum yang ada.

Pindah ke rumah baru tentunya membutuhkan adaptasi lagi yang tentunya butuh waktu. Oleh karena itu, siapkan segalanya dengan matang sebelum membeli hunian baru ya.

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?