Terpercaya. Temukan properti impian di lokasi idaman

Tips Menggunakan Website Jual Beli Rumah

Website Jual Beli Rumah

Tips Menggunakan Website Jual Beli Rumah

Ingin Beli Properti di Website Jual Beli Rumah, Simak 6 Tips Ini.

Pesatnya teknologi tak pelak merubah lansekap industri real estate dan perbankan hipotek di masa mendatang yang tak lama lagi. Membuatnya lebih transparan, lebih jujur  dan jauh lebih mudah bagi konsumen untuk membeli dan menjual properti. Tanpa harus habis waktu bersusah – susah urusan birokrasi, komisi yang njelimet. Teknologi yang update tentunya juga memberi konsumen jauh lebih banyak pilihan dan keluwesan.   Kemajuan teknologi, khususnya internet menyebabkan proses jual beli banyak dilakukan secara dalam jaringan atau daring, tak terkecuali rumah. Saat ini sangat banyak website jual beli rumah yang menampilkan iklan jual beli properti dari berbagai daerah di Indonesia. Bagi Anda yang saat ini tengah mencari rumah idaman, cobalah mencarinya secara online. Namun sebelumnya perhatikan tips-tips berikut agar proses jual beli aman, nyaman, dan menguntungkan.

1. Kunjungi Website yang Terpercaya

Website Jual Beli Rumah
credit: craiyon.com

Pilih website terpercaya untuk mencari properti seperti rumah, apartemen, ruko, dan vila. Website terpercaya artinya informasi yang disajikan akurat, terkait profil properti, lokasi, penjual, informasi lingkungan sekitar dan lainnya. Sebab yang terjadi, konsumen kemudian banyak mengandalkan informasi yang disediakan portal – portal properti ini. Sehingga jika informasi nya tidak benar, tidak akan menimbulkan banyak kebingungan di lapangan, namun juga tekanan pada proses transaksi rumah yang terjadi.

Portal properti terpercaya artinya juga bisa memberikan gambaran mendalam  tentang demand pasar properti yang ada saat ini. Hal ini tercermin dari banyaknya stock listing properti , baik untuk dijual maupun sewa, dari berbagai macam atau tipe properti.

Website yang dapat dipercaya umumnya juga menggunakan nama domain profesional, hanya menampilkan iklan-iklan yang valid, dan memiliki kontak yang dapat dihubungi. Sebelum meneruskan pencarian, lihatlah ulasan dari pengunjung situs dan testimoni dari pembeli yang berhasil mendapatkan rumah dalam situs tersebut.

(Baca juga : Beli Rumah atau Bangun Rumah Sendiri? Ini yang Harus Anda Pertimbangkan)

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Ketika akan membeli rumah secara online, jangan mudah tergiur dengan harga miring. Periksa kembali harga yang ditawarkan apakah sudah termasuk bangunan dan pengurusan surat-surat atau hanya tanah saja. Telusuri juga sejarah rumah tersebut jika harganya dirasa terlalu murah. Jangan sampai Anda membeli rumah yang dijual murah karena terdapat masalah atau sengketa di dalamnya.

4. Lakukan Survey Langsung

Meskipun telah melihat iklan properti di website, Anda tetap harus melakukan survey langsung ke lokasi. Setidaknya Anda meninjau secara online melalui Google Street View. Untuk itu, Anda harus meminta alamat yang detail dan koordinat lokasi rumah. Jangan lupa melakukan survey harga sesuai dengan kawasan di mana rumah berdiri untuk menilai apakah harganya terlalu mahal atau terlalu murah. Website seperti RumahDimana.com juga memfasilitasi  kegiatan showing atau survei agar lebih mudah.

(Baca juga : 6 Keuntungan Beli Apartemen Second : Pertimbangan untuk Anda)

5. Cari Tahu Detail Rumah

Jangan cepat percaya dengan detail rumah yang ditampilkan dalam iklan, baik itu informasi lokasi, kondisi rumah, ataupun fasilitas tambahan lainnya. Jangan segan-segan bertanya tentang rumah yang Anda inginkan kepada pemilik atau agen properti yang mengiklankannya. Beberapa hal yang perlu ditanyakan antara lain apakah rumah terdapat kerusakan atau tidak dan bagaimana keadaan lingkungan sekitar meliputi keamanan serta akses ke sarana dan prasarana publik.

6. Periksa Legalitas Rumah

Website Jual Beli Rumah
credit:craiyon.com

Cek status rumah apakah surat-suratnya lengkap dan bagaimana status bangunannya. Cari tahu apakah nanti Anda akan menerima sertifikat atau hanya hak guna bangunan saja. Pastikan tanah tidak berstatus sengketa agar tidak ada masalah di kemudian hari. Anda juga dapat memeriksa sertifikat di Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk memastikan statusnya.

Membeli properti di website jual beli rumah memang membuat banyak hal  tampak mudah dan praktis karena Anda tak harus keluar rumah untuk mencari satu demi satu properti yang diinginkan. Portal properti RumahDimana.com, portal properti terdepan dengan ribuan listing rumah cantik dan harga friendly. Cara paling sederhana menemukan rumah idaman Anda. Dilengkapi juga dengan fitur peta yang tidak saja memberikan gambaran lokasi yang akurat, namun juga potret konteks lingkungannya .

Join The Discussion

Compare listings

Compare
Mulai chat
1
Hai, Bisa kami bantu?
Hai, bisa kami bantu ?