+62 8161890533

[email protected]

Compare Listings

5 Cara Menjaga Lingkungan Rumah Bersih dan Sehat

5 Cara Menjaga Lingkungan Rumah Bersih dan Sehat

5 Cara Menjaga Lingkungan Rumah Bersih dan Sehat

Keadaan lingkungan yang bersih menjadikan penghuni di dalamnya sehat. Tak hanya membersihkan, menjaga lingkungan rumah bersih juga harus dilakukan untuk menghindari timbulnya penyakit karena sampah menumpuk dan lingkungan yang kotor.

Hal ini juga banyak membantu mencegah dan menekan perkembangan bakteri, kuman, virus dan bibit penyakit lainnya : seperti ngengat, gegat , kutu kasur yang bisa membahayakan kesehatan.

Membersihkan rumah secara teratur dan berkala ini bahkan makin penting artinya di tengah ancaman pandemi Covid-19 yang makin meluas. Kenyataannya virus penyebab Covid-19 bisa tinggal dan tetap hidup di permukaan rumah Anda selama berhari – hari. Untungnya cukup mudah untuk menghilangkan paparan virus di permukaan tersebut  dengan menggunakan desinfektan dan prosedur dasar pembersihan.

Cara Memelihara Kebersihan Lingkungan Rumah

Kebersihan dan kerapian rumah, baik bagian dalam maupun luar harus dijaga supaya tampak indah dan menyehatkan. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan lingkungan di sekitarnya.

1. Membersihkan Area dalam Rumah

Kebersihan kamar mandi merupakan salah satu penentu kesehatan penghuni rumah. Jika kamar mandi kotor, kuman dan bakteri yang ada di dalamnya akan menjadi semakin banyak dan menimbulkan penyakit. Oleh sebab itu, kamar mandi harus dibersihkan termasuk keran, pegangan pintu, ember, dan permukaan dinding kamar mandi. Ketika tidak digunakan, biarkan pintu dan jendela kamar mandi terbuka untuk memastikan sirkulasi udara di dalamnya lancar.

(Baca juga : Begini Cara Mencari Hunian Nyaman untuk Keluarga)

Dapur, ruang makan, ruang tamu , pada dasarnya merupakan magnet dari proses berbiaknya bakteri, virus, kuman dan bibit penyakit lainnya.

Untuk dapur, juga merupakan tempat penularan virus. Sebuah studi di 2020 menemukenali bahwa virus bisa bertahan hidup di beberapa permukaan dapur (Wilson 2020):

  • tembaga (8 jam)
  • Kardus (24 jam)
  • Stainless steel (48 jam)
  • Plastik (3 hari)

Jaga kebersihan dapur  dengan cara membuang sisa makanan dan bahan makanan yang sudah tidak layak diolah agar tidak menimbulkan bau tak sedap. Sediakan tempat sampah tertutup di luar dapur dan selalu membuangnya secara teratur. Bersihkan tempat sampah setelah Anda membuang isinya karena kadang terdapat sisa kotoran yang tidak ikut terbuang. Semprot permukaan meja dapur, terutama yang sering disentuh,  dengan cairan disinfektan terstandar dan lap setelah selesai beraktivitas.

2. Mengelola Sampah dengan Benar

Sampah yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan rumah menjadi berbau dan kotor hingga akhirnya mengundang hewan seperti lalat, semut, kecoa, dan tikus. Jadi, jangan biarkan sampah menumpuk, terutama di dalam rumah.

Sediakan tempat sampah terpisah untuk sampah organik dan anorganik. Sampah organik dapat dijadikan pupuk sedangkan anorganik dapat dipilah-pilih kembali untuk didaur ulang.

Singkirkan sampah di luar rumah yang dapat menampung air seperti pot bunga atau ember bekas yang sudah tidak terpakai. Hal ini penting untuk menghindari nyamuk berkembang biak di sana dan menimbulkan penyakit.

3. Membersihkan Keseluruhan Lantai Rumah

Lantai juga merupakan bagian yang menjadi tempat kuman bersarang. Bersihkan lantai setiap hari termasuk bagian yang tertutup oleh furnitur dan sulit dijangkau. Biasanya bagian ini paling banyak terdapat debu yang menempel. Gunakan desinfektan yang bisa membunuh virus, bakteri dan kuman lainnya.

(Baca juga : Penting! Inilah Hubungan Covid19 dan Lingkungan Rumah yang Sehat)

4. Membiasakan Anak Hidup Bersih

Menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab orang dewasa saja, anak-anak pun harus dibiasakan untuk turut memeliharanya. Dengan begitu mereka akan terbiasa melakukannya hingga dewasa. Berikan tugas secara teratur kepada anak untuk membersihkan rumah terutama kamar tidur mereka. Biasakan sering mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik dan gunakan hand sanitizer dengan alcohol minimal 60%.

5. Mengadakan Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Gotong royong harus dilakukan untuk membersihkan lingkungan rumah dalam skala luas supaya pekerjaan terasa lebih ringan dan cepat. Upayakan membentuk jadwal gotong royong di lingkungan dan mematuhinya agar rumah dan sekitarnya selalu bersih, rapi, dan indah.

Lingkungan rumah bersih tentu membuat penghuninya sehat, merasa nyaman, dan betah. Yang perlu diingat, Anda tak hanya harus rajin membersihkan tetapi harus selalu menjaganya tetap bersih dan rapi setiap waktu.

img

Admin

Related posts

7 Fasilitas yang Menjadi Daya Tarik Sebuah Coworking Space

7 Fasilitas yang Menjadi Daya Tarik Sebuah Coworking Space Perkembangan perusahaan startup...

Continue reading

Tips Memaksimalkan Ventilasi untuk Sirkulasi Udara Rumah yang Efektif

Tips Memaksimalkan Ventilasi untuk Sirkulasi Udara Rumah yang Efektif Mengatur posisi...

Continue reading

Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut Hakikatnya, rumah adalah sebuah kebutuhan...

Continue reading

Join The Discussion

× How can I help you?