+62 8161890533

[email protected]

Compare Listings

7 Fasilitas yang Menjadi Daya Tarik Sebuah Coworking Space

7 Fasilitas yang Menjadi Daya Tarik Sebuah Coworking Space

7 Fasilitas yang Menjadi Daya Tarik Sebuah Coworking Space

Perkembangan perusahaan startup teknologi saat ini mendorong meningkatnya tren bekerja tanpa harus berada di kantor. Sebagai alternatif tempat bekerja yang kondusif dan memadai, coworking space hadir memenuhi kebutuhan perusahaan dan para pekerja. Di tahun 2018 – sebelum pandemi – tercatat pertumbuhan Coworking space di kota – kota besar di Indonesua mengalami peningkatan sampai 400%. Coworking space memungkinkan kita menyewa tempat kerja secara harian.  Sistem sewa yang berlaku biasanya perorangan, sehingga amat fleksibel.

Coworking space dibuat nyaman bagi pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Ruang yang cozy membuat betah berlama- lama, selain juga membantu memunculkan inspirasi. Selain menjadi tempat bekerja, ini juga menjadi tempat untuk bersosial dengan kolega dari berbagai perusahaan. Fungsi dan tata letak bisa dibuat fleksibel, Selain untuk memfasilitasi berbagai kegiatan, juga mendorong interaksi orang atau pengguna dengan berbagai latar belakang. Manfaatnya untuk mendorong kesempatan membangun kolaborasi

Mayoritas pengguna sendiri memilih menggunakan tempat ini karena lokasi, fasilitas, biaya, dan lingkungan. Dari sisi fasilitas, apa saja yang harus disediakan oleh coworking space? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

(Baca juga : Mencari Perumahan Syariah? Berikut Ini  Ciri Cirinya)

Fasilitas Wajib di Coworking Space

Secara umum, coworking space dimanfaatkan sebagai tempat bekerja. Maka, untuk memenuhi kebutuhan anggota dalam menjalankan tugas, mereka menyediakan fasilitas seperti:

1. Kantor Pribadi

Kantor pribadi umumnya disewakan sebagai ruang kerja untuk kegiatan operasional perusahaan. Di dalam kantor pribadi, Anda bebas meletakkan perangkat seperti komputer, laptop, monitor, dan printer karena penggunanya hanyalah Anda dan tim.

2. Ruangan Rapat

Ruangan rapat juga menjadi fasilitas andalan untuk menunjang kegiatan rapat yang kondusif, privat, tetapi santai. Keberadaan ruangan ini sangat penting untuk memastikan operasional perusahaan berjalan lancar.

3. Area Kerja

Area ini merupakan tempat pengguna melakukan aktivitas kerja sehari-hari. Desainnya dibuat menarik supaya anggota merasa nyaman berada di dalamnya. Umumnya terdapat dua konsep area yaitu terbuka dan bersekat. Area terbuka dapat digunakan untuk pekerjaan yang tidak bersifat rahasia, sebaliknya untuk pekerjaan atau kegiatan personal disediakan ruang bersekat untuk menjamin kerahasiaan pekerjaan.

(Baca juga : 5 Kriteria Apartemen Murah Ideal untuk Bujet Terbatas)

4. Ruang Acara

Ruangan ini berbentuk seperti aula untuk kegiatan seperti seminar, workshop, ataupun talkshow. Tak hanya pengusaha, siapa pun dapat menyewa tempat ini untuk menyelenggarakan acara.

5. Ruang Komunal

Terlalu lama menghadap laptop tentunya akan menyebabkan jenuh dan lelah. Jadi, anggota yang ingin bersantai atau istirahat sejenak dapat memanfaatkan ruang komunal. Di ruangan ini biasanya disediakan alat-alat permainan dan berbagai sarana hiburan untuk relaksasi pikiran agar lebih produktif dan kreatif dalam bekerja.

6. Kafetaria dan Pantry

Seperti halnya di kantor, coworking space juga memiliki tempat makan yang disediakan untuk member. Selama berada di sini, anggota tidak perlu keluar untuk makan, karena terdapat kafetaria dengan pilihan makanan bervariasi.

Jika ingin menyeduh teh atau kopi, di sini juga terdapat pantry yang dapat dimanfaatkan oleh anggota. Fasilitas ini tentu sangat menarik bagi anggota yang terbiasa bekerja ditemani minuman di sampingnya.

7. Layanan Resepsionis

Fasilitas ini dapat membantu pengguna menerima klien, kiriman paket, atau calon karyawan yang datang untuk wawancara kerja. Layanan resepsionis ini tentu sangat membantu pengguna menjalankan operasional bisnis.

Ketujuh fasilitas tersebut hanyalah sebagian dari fasilitas yang disediakan oleh coworking space yang ada di Indonesia. Selain fasilitas yang telah disebutkan, ada juga yang menyediakan ruang kerja berkonsep terbuka, coffee shop, dan area olahraga sebagai fasilitas tambahan. Tertarik mencoba bekerja dari tempat ini?

img

Admin

Related posts

5 Cara Menjaga Lingkungan Rumah Bersih dan Sehat

5 Cara Menjaga Lingkungan Rumah Bersih dan Sehat Keadaan lingkungan yang bersih menjadikan...

Continue reading

Tips Memaksimalkan Ventilasi untuk Sirkulasi Udara Rumah yang Efektif

Tips Memaksimalkan Ventilasi untuk Sirkulasi Udara Rumah yang Efektif Mengatur posisi...

Continue reading

Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Siap Membeli Rumah Baru? Perhatikan Hal-Hal Berikut Hakikatnya, rumah adalah sebuah kebutuhan...

Continue reading

Join The Discussion

× How can I help you?