author
Call Us: +628581194219

Rumah Kost vs Beli Rumah? Kelebihan dan Kekurangan

  • 2 tahun lalu
  • Tak Berkategori
  • 0

Rumah Kost vs Beli Rumah? Kelebihan dan Kekurangan

Setiap orang tentunya ingin memiliki rumah sendiri, khususnya yang sudah berumah tangga. Hanya saja ketika berbenturan dengan anggaran yang minim, banyak pasangan bingung memilih antara menyewa rumah kost atau membeli rumah dengan sistem dicicil.

Apakah anda sedang mengalami situasi serupa? Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing sebelum menentukan pilihan.

(Baca juga: Ini Dia Berbagai Macam Tips Yang Harus Dilakukan Sebelum Memilih Perumahan Cluster)

Rumah Kost VS Beli Rumah

Baik menyewa kost-kostan maupun membeli rumah memang diketahui ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semua poinnya wajib diketahui sebagai bahan pertimbangan agar bisa memilih yang terbaik.

Pertama, adalah mengenai kost di sebuah rumah. Anda yang mengambil pilihan ini dibantu untuk mengelola keuangan dengan lebih mudah.

Sebab, biaya untuk kost memang lebih ringan jika kita dibandingkan dengan cicilan KPR. Hanya saja di kota-kota besar ada kalanya biaya rumah kost lebih tinggi dibanding biaya cicilan rumah. Sebaiknya melakukan survei dulu sebelum menentukan pilihan.

Selain itu, dengan pilihan kost inilah Anda terbantu untuk memenuhi kebutuhan lain karena biaya kost yang ringan. Pemasukan yang didapatkan bisa diatur alokasinya dengan lebih baik.

(Baca juga: Cara Memaksimalkan Fungsi Ruang di Rumah 3 Lantai  Di Lahan Terbatas)

Misalnya ada yang dialokasikan untuk kebutuhan harian, biaya anak sekolah, dana darurat, tabungan pembelian rumah secara tunai, dan lain sebagainya.

Keuntungan lainnya, Anda tidak berat dalam membayar uang rumah kost untuk kali pertama. Sebab berbeda dengan pengajuan KPR dimana nominal DP rumah terbilang lumayan. Sebut saja Rp 10 juta atau mungkin di atasnya. Sementara untuk biaya kost rata-rata masih ratusan sampai jutaan Rupiah saja.

Memilih tinggal di kost-kostan juga memberi resikonya sendiri, salah satunya adalah beban biaya kost yang terus mengalir. Berbeda dengan pembelian rumah, misal dengan sistem KPR maka akan tiba waktunya lunas. Setelahnya, anda bisa fokus mengatur keuangan untuk kebutuhan lain dan beban biaya cicilan sudah hilang.

Semenara untuk pilihan membeli rumah pada dasarnya juga memberi kelebihan dan kekurangan. Dilihat dari sisi kelebihan, Anda bisa dipastikan tinggal di rumah sendiri sehingga lebih bebas dan punya hak untuk melakukan renovasi agar sesuai selera.

Selain itu, rumah tersebut pada akhirnya akan menjadi hak milik sehingga tidak khawatir harus pindah-pindah tempat tinggal.

Hanya saja, jika anda hendak membeli rumah, artinya anda harus siap dengan biaya  besar yang harus disiapkan. Jika membeli secara tunai, anda sebaiknya menabung terlebih dahulu. Sedangkan jika membeli dengan sistem dicicil maka harus siap dengan pengeluaran rutin selama belasan sampai puluhan tahun.

Belum lagi dengan beban biaya operasional rumah. Dimulai dari biaya perawatan rumah dan isinya, kewajiban membayar pajak, dan lain sebagainya. Sehingga saat membeli rumah harus memperhatikan kualitas banguna, lokasinya, dan kondisi lingkungannya.

Setelah mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari rumah kost dan beli rumah, maka bisa menentukan mana yang paling tepat untuk dipilih.

Sebab keduanya memang sama-sama pilihan yang bagus, karena memilih ngekost dulu dengan maksud menabung agar bisa membeli rumah secara tunai bukan pilihan buruk. Begitu juga dengan membeli rumah dengan sistem KPR, anda bisa menyesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan