Compare Listings

Jual Beli Properti dan Pasar Properti : Propelling Its Engine

Jual Beli Properti dan Pasar Properti : Propelling Its Engine

Jual Beli Properti , berkaitan dengan aktivitas ini beberapa kondisi faktual  membuat kita  tetap optimis di 2017.

Menurut Laporan S&P, sektor properti Indonesia masih bisa diharapkan di kondisi “pertumbuhan tinggi”. Selain dipicu oleh bonus demografi yang akan mencapai puncaknya di  2020: laju pertumbuhan penduduk yang tinggi dan  tumbuh nya kelas menengah, pendapatan keluarga yang makin meningkat juga menjadi mesin pendorong.  Ini semua menjadi faktor bagi  munculnya  angka 15 juta unit  backlog perumahan di level nasional.

Skala Nasional : Kebijakan Pro Sektor Properti

Bergulirnya kebijakan tax amnesty juga jadi pemicu yang signifikan. Seperti dikutip dari analis JP.Morgan , kebijakan tax amnesty akan mendorong permintaan lebih besar di sektor properti . Bank Indonesia mengestimasi ada sekitar Rp 560 triliun dari pendapatan  yang belum di ‘declare’. Untuk konteks di  Indonesia, dimana hanya 0,2 % populasi yang memiliki saham , sebagian dari dana ini diindikasikan lari ke investasi di sektor perumahan di Indonesia.

(Baca juga: Having  Fun’ Diatas Gelombang Informasi yang Relevan )

Perangkat  peraturan  yang terus dibuat sederhana, tren  tingkat suku bunga yang lebih mendukung , serta likuiditas yang meningkat adalah pencapaian yang  sejalan dengan  penerapan  kebijakan tax amnesty.

Skala Kota : Ekspansi Infrastruktur dan Sumberdaya Informasi Properti

Selaras dengan itu, banyak pihak melihat positif kondisi pasar properti  di Jakarta. Di  2015 , indeks harga properti Jakarta misalnya, seperti dikutip oleh analis Knight Frank, terus menanjak hampir 150%  terhitung sejak kuartal  IV  tahun 2009

Faktor lain yang mempengaruhi jual beli properti  serta ikut mendongkrak harga properti di Jakarta: rencana jalur metro (subway) bawah tanah yang djadwalkan beroperasi di  tahun 2018. Meski belum jelas betul apakah akan on-time penyelesaiannya. Dampak dari intervensi sistem transportasi ini  akan semakin mengerek harga properti. Terutama yang dilewati jalur subway ini. Area di sebelah utara dari jaringan ini diperkirakan harga properti nya akan terkerek naik sebesar 30-40%, sedangkan di sisi selatannya akan menjadi titik titik baru yang paling berprospek , demikian analisis Knight Frank.

Pemerintah juga terus berupaya menciptakan iklim dan pasar properti  yang pro-bisnis.  Menurut data laporan “Doing Business 2017: Equal Opportunity for All”, Indonesia, bersama – sama dengan Brunei, masuk dalam daftar negara di dunia  yang paling progresif dalam hal aktivitas bisnis. Peringkat  Indonesia naik 15 poin. Yang menjadi indikator : proses memulai bisnis, pengurusan  ijin konstruksi, mendapat sambungan listrik, ijin bangunan, perolehan fasilitas kredit, perlindungan investor minoritas, pembayaran pajak dan lain sebagainya.

Ekspansi Infrastruktur jadi pertaruhan.  Sebagai   ‘key driver’ untuk  mendongkrak aktivitas jual beli Properti dan menunjang pertumbuhan bisnis properti yang langgeng. Termasuk didalamnya sumberdaya informasi properti yang akurat dan terbuka .

Kami di RumahDimana.com sebagai marketplace , berharap menjadi salah satu anggota jejaring  yang decisive dalam pasar properti. RumahDimana.com berupaya menjadi   platform teknologi yang handal. Kami terus berupaya memberikan yang terbaik. Memperkuat mata rantai untuk bantu  menggerakkan  pemanfaatan sumberdaya properti. Dalam hal ini  termasuk penguatan kanal informasi online yang mendukung yang proses transaksi bisnis properti.

 

by : Mohammad Romadhoni, MDP

Mohammad Romadhoni is an urban planner and sociopreneur. Bisa dikontak via m.romadhoni@gmail.com atau twitter @romi_mr
img

Admin

Related posts

Bisnis Properti: Investasi Tanah atau Rumah, Mana Paling Menguntungkan?

Bisnis Properti: Investasi Tanah atau Rumah, Mana Paling Menguntungkan? Sudah sejak lama properti...

Continue reading

Perumahan yang menjawab kebutuhan ruang dan hidup kaum millennials

Perumahan yang menjawab kebutuhan ruang dan hidup kaum millennials The reason why millennials are...

Continue reading

Memaknai Ruang Kota

Memaknai Ruang Kota Kota sejatinya merupakan produk sosiokultural, perilaku dan gaya hidup manusia...

Continue reading

Hai. Kami juga ingin mendengar tanggapan atau komentar Anda

%d blogger menyukai ini: