Compare Listings

Lokasi Rumah : Cara Pintar Memilih Hunian yang Tepat

Lokasi Rumah : Cara Pintar Memilih Hunian yang Tepat

Lokasi Rumah : Cara Pintar Memilih Hunian yang Tepat

Lokasi rumah seyogyanya jadi pertimbangan utama. Keperluan membeli rumah tentu beraneka ragam:  sebagai investasi, untuk mendongkrak gaya hidup, tumbuh kembang keluarga ataupun kombinasi dari ketiganya. Memilih lokasi rumah bisa jadi satu hal terpenting dalam hidup anda yang mesti anda putuskan. Memilih lokasi yang benar tidak saja penting bagi masa depan investasi anda, namun juga bagi aspek sehari- hari hidup anda.

Anda tentu sudah pernah mendengar kriteria mencari rumah ternyata bukanlah lokasi, tapi lebih tepatnya 3L : lokasi, lokasi, dan lokasi. Itulah adagium yang berlaku. Lokasi teramat penting, tak hanya secara kebutuhan ekonomi , tapi juga manfaat sosial dan kelanggengan lingkungan hidup.

Pertimbangan dalam memilih lokasi rumah, tidak melulu tentang selera kira sendiri juga. Aspek –aspek lainnya juga mesti diperhatikan, aspek keluarga : kemudahan dalam menjangkau sekolah dan fasilitas kesehatan. Juga kemudahan mencapai kantor dan tempat kita beraktivitas ekonomi.  Begitupun tentang ada tidaknya dampak faktor ekologis dalam memilih lokasi rumah.

Lokasi Geografis

Di bagian mana dari negara ini?  atau kota apa yang akan anda tinggali? tentu punya dampak besar pada gaya hidup anda. Apalagi jika akan tinggal dalam jangka waktu lama, kriteria lokasi ini perlu dipertimbangkan masak masak. Setiap orang punya faktor terpentingnya sendiri sendiri, seperti misalnya harga rata – rata  rumah di area tersebut, peluang berusaha atau bekerja sesuai bidangnya, kedekatan dengan keluarga serta iklim lingkungan yang mendukung.

Kota atau Suburban atau Desa

Kriteria apa yang anda pilih, lingkungan di tengah atau di pinggir kota, atau di kota apa, akan sangat berpengaruh pada seberapa tentram dan tenang lingkungan anda. Pada ukuran kavling yang bakal anda miliki – jika anda memilih rumah tapak tentunya. Bagaimana model  pendidikan dasar dan lanjutan dari anak – anak anda, kedekatan dengan fasilitas belanja, hiburan serta pelayanan kesehatan.

Manfaat dan Peluang Ekonomi

Lokasi rumah tentu bukan semata keuntungan saat sekarang saja. Selain untuk mendukung mata pencaharian, rumah adalah juga  investasi jangka panjang. Bagaimana agar lokasinya pun bisa memberikan banyak manfaat jauh ke depan. Sebisa mungkin dipilih lokasi yang  dekat dengan jalan utama, hal ini membantu mengerek harga properti anda. Bahkan seiring waktu, lokasi yang tadinya tak strategis pun akhirnya bisa jadi strategis, disebabkan pembangunan tol baru, perluasan jalur busway baru,  stasiun kereta baru dan sebagainya. Lokasi properti anda, baik itu rumah tapak ataupun hunian vertikal (apartemen),  yang strategis, secara ekonomi akan memberikan hasil investasi atau return yang amat menguntungkan.

(Baca juga : Properti Indonesia : Bergandeng Erat Raih Manfaat. Berkolaborasi  untuk Aksi.)

Seberapa panjang waktu  perjalanan ke tempat bekerja sehari – hari anda. Kemudahan akses. Ini bisa banyak berdampak pada disposable income anda, kualitas hidup serta seberapa banyak waktu yang anda miliki untuk bersama keluarga. Anda perlu tentukan berapa lama perjalanan kantor maksimal yang bisa anda tanggung. Apakah akan akan tetap di pekerjaan yang sekarang dalam waktu cukup lama? ataukah ada rencana pindah pekerjaan. Alternatif moda transportasi apa saja yang telah tersedia dan bakal tersedia di lokasi yang baru? Apakah ada prospek pekerjaan di lokasi ini?

TOD

Kaitan dengan kebutuhan bepergian, di saat jalanan semakin macet dan berkendara pribadi makin tak efisien,  kecenderungan yang berlaku di kota – kota besar adalah mulai cepatnya perkembangan jaringan transportasi publik. Di Jakarta misalnya, selain busway, akan ada MRT dan LRT. Jaringan transportasi ini tentunya akan mengerek produktivitas properti di area yang di lalui nya. Ada baiknya mempertimbangkan apa yang disebut dengan Transit Oriented Development, konsep  pengembangan properti yang memetik manfaat ekonomi sosial karena  berdekatan dan terintegrasi dengan jaringan transportasi publik.

Lingkungan Sekitar dan Ekologi

Kriteria tentang lingkungan juga penting, apakah lingkungannya cukup mendukung proses tumbuh kembangnya keluarga serta anak anda. Apakah cukup aman bagi anak – anak bermain, dan mudah menjangkau taman kota agar anak memilki kesempatan cukup untuk beraktivitas fisik dan bahkan berekspreasi. Termasuk orientasi sinar matahari, apakah rumah anda mendapat cukup sinar matahari. Kombinasi antara paparan sinar matahari dan ventilasi silang di lokasi rumah anda berpengaruh banyak terhadap kondisi kesehatan anggota keluarga yang menghuni.

(Baca juga : Properti  dengan Pasarnya Yang Terus Berubah  : Kendali Penuh bagi Anda )

Kualitas lingkungan ekologi juga berkait dengan resiko banjir. Rajin bertanya pada orang yang telah lama menetap di sana, apakah pernah banjir, kapan terakhir kebanjiran dan seberapa parah. Selain itu, Jakarta juga telah memiliki peta rawan banjir sebagai data sekunder untuk mengecek apakah lokasi kita rawan banjir atau tidak.

Pastikan juga peruntukkan lokasi anda memang sudah sesuai dengan zona nya: zona hunian, biasanya ditandai warna kuning di peta Rencana Kota. Anda bisa datang ke Dinas Tata Kota ataupun pelayanan online mereka untuk mengecek guna lahan dan zonasi, agar tak ada kesulitan dalam mengurus IMB di kemudian hari.

Ada juga faktor psikologis hubungan kekerabatan. Lokasi rumah  yang bagus belum tentu membuat anda betah, jika anda masih merasa jauh dari teman yang mendukung atau dari keluarga besar anda yang anda sayangi. Atau di sisi lain, teman dan kerabat anda memutuskan untuk pindah dari lokasi nya sekarang. Kemungkinan ini perlu juga dipertimbangkan.

Pendekkan Daftar Anda

Baiknya kita perlu buat list , dari yang luas kemudian dipersempit sesuai dengan kriteria lokasi yang kita kehendaki. Sampai saat nya kita buat semacam riset kecil kecilan, untuk memastikan kita mendapatkan lokasi yang kita kehendaki, dengan segala plus minusnya, dengan asumsi bahwa kita belum familiar sebelumnya dengan lokasi tersebut.

Bagaimana lingkungan rumah anda tergambar di kertas, dengan apa anda benar – benar rasakan saat berada di sana tidak lah selalu sama. Kunjungi lokasi, survei tidak sekali tetai  berkali – kali. Beberapa hal kecil mungkin bisa menjadi ganjalan: penerangan malam yang kurang, penutup got tak memadai,  tak ada tempat memutar mobil. Jika memang rasanya tidak sreg, dus, tidak memenuhi selera anda, meskipun data statistik nya terlihat bagus.

(Baca juga : Berkaca pada 97-98: Menjelang Krisis, Tidak Ada Lampu Merah yang Menyala )

Termasuk juga bayangan yang anda bawa dan rasa bagaimana bertetangga di lokasi yang baru. Apakah kita cukup nyaman hidup bertetangga di sana. Apakah cocok dengan kebiasaan kebiasaan di lingkungan hunian yang baru. Apakah warna lingkungannya senada dengan frekuensi anda?

Kunjungi lokasi saat siang dan malam. Karena suasananya bisa jadi amat berbeda. Kunjungi juga beberapa kali di minggu yang berbeda, saat hujan ataupun kemarau. Karakter lingkungan dan penghuninya bisa jadi berbeda merespons musim yang berbeda. Agar anda punya gambaran lebih akurat tentang karakter lokasi yang anda dambakan.

Author : Mohammad Romadhoni, MDP supported by Tim RumahDimana.com

 

 

 

img

Admin

Related posts

Cara Mendapatkan Informasi Tentang Rumah KPR Murah

Cara Mendapatkan Informasi Tentang Rumah KPR Murah Melalui skema pembiayaan KPR (Kredit Pemilikan...

Continue reading

Cara Mencari Rumah Dijual di Malang dengan Harga Miring

Cara Mencari Rumah Dijual di Malang dengan Harga Miring Terletak 90 km dari Surabaya, Kota Malang...

Continue reading

Begini Cara Jual Beli Rumah yang Aman

Begini Cara Jual Beli Rumah yang Aman Belakangan ini proses jual beli rumah bisa dilakukan dengan...

Continue reading

Hai. Kami juga ingin mendengar tanggapan atau komentar Anda

%d blogger menyukai ini: