author
Call Us: +628581194219

Agar Rumah Kita Nyaman Ditinggali, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

  • Admin oleh Admin
  • 5 tahun lalu
  • Tak Berkategori
  • 0
rumah kita

Agar Rumah Kita Nyaman Ditinggali, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

“Home isn’t a a place. It’s a feeling”- Cecilian Ahern

Rumah kita bisa jadi hal yang paling berarti, paling bermakna. Rumah yang menjadi tempat tinggal kita bersama keluarga,  merupakan tempat berteduh yang menjadi awal dari segala aktifitas. Belajar, bekerja, bersantai, saling interaksi, semua berawal dari rumah. Karena itulah menjadikan rumah agar nyaman ditempati adalah hal yang sangat penting. Menjadikannya tak sekedar ‘rumah’, namun juga ‘home’. Tempat hidup, sebuah ‘istana’ hati  bagi insan penghuninya. Dengan elemen yang terorganisir dan membuat hidup lebih mudah, juga indah.

Berikut ini 4 hal yang perlu dilakukan agar rumah kita nyaman ditinggali, sehingga keluarga lebih harmonis.

rumah kita
credit:craiyon.com

1.     Jaga Kebersihan dan Kerapian Rumah Kita

Dari rumah yang bersih dan rapi pikiran akan menjadi lebih tenang dan lega. Memerhatikan kebersihan dan kerapian ini mencakup berbagai hal. Mulai dari menghindari buang sampah sembarangan, rajin mengepel lantai, membiasakan mencuci perabot segera setelah dipakai, hingga urusan menata pakaian.

Rumah yang kotor dan tidak tertata bisa menyebabkan pikiran ruwet, semrawut, dan memengaruhi suasana hati. Dari hal yang mungkin tak diperhatikan ini, sedikit banyak ada keterkaitan dengan keharmonisan keluarga.

(Baca juga : Perumahan Rakyat : Menghidupkan Kembali Mimpi Lama)

2.     Pilih Warna Terbaik Untuk Dinding

Warna yang disukai juga memiliki pengaruh positif pada otak manusia. Karena itu perlu pertimbangan matang dalam memilih warna terbaik untuk dinding rumah kita. Baik untuk interior maupun eksteriornya. Bila memungkinkan, tidak mengapa memberikan warna berbeda untuk ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar tidur. Agar suasana rumah akan memberikan kesan berbeda di tiap bagiannya.

Ruang tamu butuh warna yang memberikan kesan natural, luas, sekaligus mewah. Kita bisa menerapkan warna-warna lembut maupun warna putih. Sementara untuk kamar tidur kita butuh warna yang memberikan perasaan santai. Dibutuhkan warna-warna sejuk seperti biru, hijau, putih, maupun abu-abu.

3.     Luangkan Waktu Untuk Bercengkrama

rumah kita
credit: craiyon.com

Hal berikutnya agar rumah kita nyaman adalah dari sisi penghuninya. Meluangkan waktu dengan berkumpul, ngobrol dengan keluarga akan memberikan suasana yang hidup dalam rumah. Apalagi bagi mereka yang tergolong kalangan super sibuk. Jangan sampai seisi rumah hanya asyik dengan kegiatan masing-masing tanpa ada waktu untuk berkumpul dan berinteraksi.

Aktivitas bersama anak dan keluarga memberi rasa penting, muncul perasaan ‘diterima’ di rumah. Rumah sebagai penghubung utama berbagai aktivitas. Apalagi bagi anak yang senang menjadikan segalanya sebagai arena bermainnya. Anak secara alamiah ingin dekat dan menarik perhatian orang tuanya.

(Baca juga : Lokasi Rumah : Cara Pintar Memilih Hunian yang Tepat)

Penggunaan gadget yang berlebihan pun bisa mengurangi interaksi anggota keluarga. Apalagi jika anak-anak kecanduan game online. Karena itu, batasi penggunaan gadget agar interaksi dan komunikasi dalam keluarga selalu terjaga.

4.     Hiasi Rumah Kita Dengan Kegiatan Ibadah

Sebagus dan semewah apapun rumah, akan terasa kering tanpa adanya nuansa rohani di dalamnya. Sebab kebahagiaan dari materi pada akhirnya akan menjadi semu, dan rohani membutuhkan hal yang berbeda. Di situlah agama mendapat ruangnya. Agar rumah nyaman ditinggali, harus ada nilai ibadah di dalamnya. Bagi muslim tentu banyak ibadah yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari salat sunah, membaca Alqurab, maupun membaca buku-buku agama.

Beberapa hal di atas merupakan sebagian cara agar rumah kita nyaman ditinggali. Di luar itu semua, pemilihan lokasi saat membeli tanah ataupun properti berupa rumah untuk hunian juga jadi pertimbangan penting. Karena itu kita harus mendapatkan properti hunian yang tepat agar nyaman ditinggali bersama keluarga.

Bergabunglah dengan Diskusi

Compare listings

Membandingkan